KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS SISWA KELAS X MIA 3 MAN 2

Laila Fitri

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran menulis teks eksposisi yang dilakukan di kelas X MIA 3 MAN 2 Batusangkar yang belum menggunakan model pembelajaran yang tepat. Akibatnya, nilai siswa masih rendah di bawah KKM.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Jumlah populasi pada penelitian ini 346 siswa dengan sampel 33 siswa kelas X MIA 3 MAN 2 Batusangkar. Instrumen yang digunakan adalah test unjuk kerja. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antar lain: (1) Melakukan observasi ke tempat penelitian, (2) Melihat kurikulum, memahami standar kompetensi dan kompetensi dasar pembelajaran yang berkaitan dengan permasalahan (3) Mengembangkan silabus, menjabarkan indikator pembelajaran, menentukan tujuan pembelajaran, menetapkan materi pembelajaran, (4) Menyusun sekenario pembelajaran (5) Menyusun rubrik penilaian. Teknik analisis data yaitu: (1) Menilai hasil tes unjuk kerja siswa sesuai dengan format penilaian, (2) Mengolah data yang berasal dari tes unjuk kerja menulis eksposisi untuk memperoleh data atau skor mentah, (3) Mentabulasi nilai, menentukan persentase ketercapaian siswa berdasarkan nilai yang diperoleh siswa, (4) Patokan perhitungan persentase skala sepuluh, (5) mendeskripsikan, (6) Membuat interpretasi dan kesimpulan.

Hasil penelitian kemampuan menulis teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS siswa kelas X MIA 3 MAN 2 Batusangkar. Setelah menggunakan model kooperatif tipe TPS pada aspek pendahuluan yang memperoleh skor sempurna sebanyak 26 orang dan lebih dari cukup 8 orang. Pada aspek isi siswa yang memperoleh skor sempurna berjumlah 24 orang dan memperoleh skor lebih dari cukup 10 orang. Pada aspek kesimpulan siswa yang memperoleh kualifikasi sempurna sebanyak 15 orang  dan yang memperoleh kualifikasi lebih dari cukup sebanyak 19 orang. Jadi, dengan menggunakan model kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan kemampuan menulis eksposisi siswa kelas  X MIA 3 MAN 2 Batusangkar.Maka rata-rata keseluruhan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X MIA 3 MAN 2 Batusangkar berada pada kualifikasi baik sekali dengan rata-rata 86,47


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi V. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Enre, Fachrudin Ambo. 2002. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Dapertemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Nazir. Moh. 2009. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Context Acing and Learning /CTL) dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Grafindo.

Sanjaya. Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Semi. M. Attar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Padang: Angkasa Raya.

Suprijono, Agus. 2012. Coopertive learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Tarigan, Hendy Guntur. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i75.151

Article Metrics

Sari view : 607 times
PDF - 395 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.