PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS (Survei pada SMK Negeri di Jakarta Selatan)

Hafni Hafsah

Sari


Penelitian ini merupakan survei yang bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara empiris pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris, pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris, pengaruh minat dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris siswa. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah siswa kelas X di 3 SMK Negeri di Jakarta Selatan. Sampel penelitian diperoleh melalui metode simple random sampling yaitu peneliti mencampurkan subyek-subyek didalam populasi sehingga semua subyek dianggap sama. Rancangan penelitian yang digunakan melalui teknik korelasi dengan tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas, yaitu minat belajar dan motivasi belajar serta satu variabel terikat, yaitu prestasi belajar Bahasa Inggris. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner untuk dua variabel bebas dan pengambilan data sekunder hasil tes obyektif untuk variable terikat. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik korelasi dan regresi ganda. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan analisis statistik deskriptif dan uji persyaratan data (uji normalitas dan uji linieritas), sebelum uji regresi dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh yang signifikan antara minat dan motivasi belajar baik secara bersama-sama maupun parsial terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris, dengan koefisien korelasi sebesar 0,794 dan koefisien determinasi 0,63 atau 63%. Persamaan regresi yang dihasilkan Y=14,338+0,794X1+0,630X2. Hal ini dapat diartikan bahwa prestasi belajar Bahasa Inggris seorang siswa dipengaruhi oleh minat dan motivasi belajarnya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar, Saifuddin. 2005. Tes Prestasi, Fungsi, dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Asrori, Muhammad. 2007. Psikologi Pemebelajaran. Bandung. CV. Wacana Prima

BSNP. 2006. Panduan Pengembangan Silabus dan Panduan Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran . Jakarta: Citra Timur Mandiri.

Djaali, Mulyono Pudji dan Ramly. 2002. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2008. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta

Dornyei, Zoltan dan Ema Ushioda. 2010. Motivation, Language Identity and the L2 Self. Canada: Library of Congress Cataloging in Publication Data.

Fraenkel, Jack R and Wallen, Norman M. 2003. How to Design and Evaluate Research in Education. USA: Mc.Graw-Hill Publishing Company.

Hamzah, B. Uno. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Hilaliyah, Hilda. 2012. Pengaruh persepsi Mahasiswa atas Bahasa Indonesia & Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Survey pada Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta Selatan. Tesis. Pasca Sarjana. Univeristas Indraprasta PGRI.

Pintrich, P.R. dan Schunk, D.H. 2002. Motivation in Education. Theory, Research and Aplications. Merrill Prentice Hall.

Purwanto, Ngalim. 1996. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rahmat, J. 1999. Psikologi Komunikasi Edisi 3, Cetakan 14

Sardiman, A.M. 2010. Interakasi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafika Persada

Safari, M.A., 2004. Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas

Safari, M.A. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sevilla, C. 2006. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Memepengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudijono, Anas. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 1996. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryabrata, Sumadi. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Suwandi, Sarwiji. 2011. Model-Model Assesmen dalam Pembelajaran. Surakarta. Yuma Pustaka.

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Syamsudin, A.R., dan Vismaia SD. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tabrani. 2000. Tantangan dan Permasalahan Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium Ketiga. Jogyakrta: Kanisius.

Uno, B. Hamzah. 2010. Teori Motivasi & Pengukurannya. Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarno dkk. 2009. Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran. Jakarta: Genius Media Prima

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia

(http://dc314.4shared .com/doc/Gv3Qy4c/preview.html)

http: www. depdiknas.go.id




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v10i60-65.1508

Article Metrics

Sari view : 2450 times
PDF - 988 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.