EFEKTIVITAS BAHAN AJAR MULTIMEDIA BERBASIS PBL MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL

Sonya Fiskha Dwi Patri

Sari


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bahan ajar multimedia berbasis PBL menggunakan 3D Pageflip Professional pada materi geometri . Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian pengembangan bahan ajar multimedia berbasis PBL menggunakan 3D pageflip profesional. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen kuasi (quasi experimental research) dengan desain The matching-only pretest-posttes control group design.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket persepsi siswa dan tes hasil belajar siswa.Dari hasil analisis post-test yang dilakukan pada kegiatan akhir pembelajaran diperoleh 90,32% nilai siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum, hasil analisis dari angket persepsi siswa menunjukkan kategori “sangat positif” selain itu berdasarkan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran terlihat bahwa siswa menunjukan sikap positif dan antusias yang tinggi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Ini artinya bahan ajar multimedia yang dibuat efektif digunakan untuk proses pembelajaran. Kata Kunci : Bahan Ajar Multimedia,Problem Based Learning, 3D Pageflip Professional, Geometri.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi,Abu dan Widodo Supriyono. 2003.Psikologi Belajar. Solo: Rineka Cipta

Arikunto,Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineke Cipta Asyhar,Rayandra. 2010. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jambi : Gaung Persada. Ekawarna. 2007.Mengembangkan Bahan Ajar Mata Kuliah Permodalan Koperasi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Makara Sosial Humaniora. XI(1): 5 Eliza,Fivia. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia InteraktifMata Kuliah Gambar Listrik yang Menggunakan Autocad padaProgram Studi Pendidikan Teknik Elektro Ft Unp. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan. 6:2 Fraenkel, J.R dan Wallen, N.E. 2006. How to Design and Evaluate Research in Education, (sixth edition). Mc Graw Hall Companies Inc., New York. Hasrul. 2010.Langkah-langkah Pengembangan Pembelajaran Multimedia Interaktif. Jurnal Media Teknologi. II (1) : 5-6 Karimah., Rusdi dan Fachruddin. 2017. Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Animasi Berbasis Multimedia Interaktif Model Tutorial pada Materi Garis dan Sudut Untuk Siswa SMP/MTS Kelas VII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol.1 No.1 eISSN 2581-253X Krismanto, AI. 2008. Pembelajaran Sudut dan Jarak Dalam Ruang Dimensi Tiga di SMA. Yogyakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Akademia Permata: Padang

Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Putra, Sitiatava Rizema.2013.Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains.Yogyakarta: Diva Press

Riduwan.2009.Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula.Bandung:Alfabeta

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian dan Pendidikan. Malang: Prenada Media Group. Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajawali Pers : Jakarta Sudjana.2005.Metoda Statistika. Bandung:Tarsito Sugiyono.2013.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i7.1504

Article Metrics

Sari view : 312 times
PDF - 262 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.