PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) BERBASIS FLASH PADA MATERI GERAK PARABOLA

Shabrina Amalia

Sari


Abstract : Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak besar dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Pendidikan merupakan proses pembelajaran untuk mengembangakan poteni peserta didik. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut maka dalam prosesnya, pembelajaran harus melibatkan berbagai komponen belajar, salah satunya media pembelajaran. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis flash dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan menggunakan 4D models yang terdiri dari beberapa fase, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap define dilakukan analisis awal-akhir, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Pada tahap design dilakukan perancangan media pembelajaran interaktif berbasis flash pada materi gerak parabola . Tahap selanjutnya develop, dilakukan validasi oleh para ahli terhadap media interaktif, seterusnya dilakukan uji coba terbatas untuk melihat praktikalitas dan efektifitas. Hasil pengembangan media interaktif memenuhi kriteria valid (0,84). Hasil praktikalitas menurut guru (94,6) dan menurut peserta didik (90,7). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media interaktif berada pada kategori sangat praktis. Selanjutnya efektivitas media interaktif pada capaian kompetensi sikap (83,6), pengetahuan (80) dan keterampilan (73,1). Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis flash telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, flash, Gerak Parabola

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Wahyuni, dkk. 2017. Pengembangan Modul Multimedia Interaktif Berbasis E-Learning pada Pokok Bahasan Besaran dan Satuan di SMA. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol.6 No.4, Desember 2017 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran: Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yori, dkk. 2017. Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Macrimedia Flash berbasis Problem Solvingi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Proteksi Sistem Tenaga Listrik. Pendidikan Teknik Elektro FKIP Universitas PGRI

Madiun. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. E-ISSN:2477-8354, Vol.2 No.2, Edisi September 2017 Sari, dkk. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash sebagai Sumber Belajar Mandiri pada Materi Koloid Kelas XI IPA SMA dan MA. FKIP Universitas Sebelas Maret. Jurnal Pendidikan Kimia, ISSN 2337-9995,Vol.2 No.3 Tahun 2013 Utama, N.P & Nilawati. 2012. Penggunaan Macromedia flash 8 Pada Pembelajaran Dimensi Tiga. Jurnal Pendidikan Matematika. 51 59. ejournal. unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/download/1171/863, diakses 25 Mei 2019) Fiki Firdaus dan Samsudi. 2012. Macromedia Flash Profesional 8 sebagai Media Pembelajaram untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Vol.2 No.1, Juni 2012. (Diakses 26 Juni 2019) Gall, M.D., Gall, J.P. & Borg, W.R. (2007). Educational Research An Intruduction (8th ed). Boston: Allyn & Bacon. Thiagrajan. 1974. Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children. Idinna: Indinna University Bloomington Azwar, S. 2012. Reliabiltas dan Validitas. Edisi 4. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Riduwan. 2008. Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Penerbit Bumi Aksara. Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Jabar. 2008. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahapeserta didik dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i7.1503

Article Metrics

Sari view : 921 times
PDF - 899 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.