STRATEGI PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA BELAJAR SENI BUDAYA DI SMK
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dengan Strategi Pembelajaran SAVI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif. Instrument yang dilakukan dengan cara peneliti sendiri, wawancara, observasi, data angket berbentuk bertanyaan dan wawancara kepada siswa, catatan lapangan, VCD dan documenter.
Hasil penelitian penunjukan bahwa dengan Strategi SAVI dalam pembelajaran seni budaya dapat membuat siswa belajar lebih serius, senang, termotivasi dan aktif mengikuti pelajaran dengan baik. Dari tabel diatas tampak evaluasi yang diperoleh oleh siswa 31 % kategori sangat baik, 54% kategori baik, 10 % kategori cukup dan 5 % kategori kurang. Kesimpulan nya. Dengan menggunakan strategi SAVI, berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arsyad Azhar. (2003) Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajo Grafindo Persada
Arikunto, Suharsimi, 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan
Djamarah. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sukmadinata, Nana Syaodih: 2004. Pengembangan Kurikulum Teori dan Pratek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta:Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i6.1425
Article Metrics
Sari view : 159 timesPDF - 322 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.