STRATEGI PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA BELAJAR SENI BUDAYA DI SMK

YONA SYAIDA OKTIRA

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dengan Strategi Pembelajaran SAVI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif. Instrument yang dilakukan dengan cara peneliti sendiri, wawancara, observasi, data angket berbentuk bertanyaan dan wawancara kepada siswa, catatan lapangan, VCD dan documenter.
Hasil penelitian penunjukan bahwa dengan Strategi SAVI dalam pembelajaran seni budaya dapat membuat siswa belajar lebih serius, senang, termotivasi dan aktif mengikuti pelajaran dengan baik. Dari tabel diatas tampak evaluasi yang diperoleh oleh siswa 31 % kategori sangat baik, 54% kategori baik, 10 % kategori cukup dan 5 % kategori kurang. Kesimpulan nya. Dengan menggunakan strategi SAVI, berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad Azhar. (2003) Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajo Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi, 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan

Djamarah. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sukmadinata, Nana Syaodih: 2004. Pengembangan Kurikulum Teori dan Pratek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta:Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i6.1425

Article Metrics

Sari view : 159 times
PDF - 322 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.