ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Pariaman)

MELVI MUCHLIAN

Sari


Siswa sering mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. Kesulitan yang dialami siswa menyebabkan terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. Siswa mengaku sudah mengerti dengan materi yang dijelaskan oleh guru, akan tetapi ketika siswa mengerjakan soal sendiri siswa masih banyak melakukan kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukan jenis kesalahan yang dilakukan siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar meliputi: 1) kesalahan konsep merupakan salah satu penyebab kesulitan dalam memahami konsep dasar aljabar. 2) kesalahan prinsip merupakan serangkaian konsep yang dikaitkan sehingga memberikan suatu pengetahuan baru, misalnya menyederhanakan bentuk aljabar. 3) kesalahan algoritma yaitu kesalahan yang terjadi pada langkah-langkah untuk menyelesaikan soal.
Kata kunci: Operasi Bentuk Aljabar, Gender, Kesulitan, Kesalahan, Hasil Belajar Matematika.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto Suharsimi. 2007. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara. .............................. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jogyakarta : Bumi Aksara. Eric Jensen. (2008). Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Hidayat, Asep Syarif. 2008. Diagnosa dan Remidi Kesulitan Belajar Matematika. Disajikan pada Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru. Universitas Pendidikan Indonesia. Oktavianti, A., & Masriyah. (2016). Identifikasi Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Operasi Aljabar Kelas VIII SMPN 2 Madiun Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2016. Vol. 2 No. 5 ISSN : 2301-9085. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

............... 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta Suherman, Erman., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia. Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta : Bumi Aksara.

Watson, Ivan. 1980. Educational Studied in Mathematics II. Dordrecht, Holland, and Boston, U.S.A: D. Reide Publishing Co.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i6.1410

Article Metrics

Sari view : 544 times
PDF - 643 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.