PENANAMAN NILAI DALAM PEMBELAJARAN PKN MELALUI INOVASI PENDEKATAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DI SEKOLAH

Sudirman Sudirman

Sari


Banyak ditemukan dilapangan bahwa pembelajaran PKN lebih menekankan pada aspek kebutuhan formal dibanding kebutuhan riil siswa sehingga proses pembelajaran yang dilakukan belum dapat optimal untuk mengembangkan potensi anak. Pendidikan kurang menyentuh pada pembentukan watak dan moralitas seseorang sehingga yang muncul adalah dehumanisasi dan dekadensi moral. Pendekatan VCT secara terencana dengan inovasi inovasi baru yang dintegrasikan dengan metode diskusi, curah pendapat, bermain peran, studi kasus, out bound dan muhasabah, tentu akan memberikan hasil yang lebih baik termasuk dalam proses penanaman nilai. Hal ini sebagai suatu jawaban akan kebutuhan pendidikan diera yang penuh tantangan saat ini. Kata Kunci: Penanaman Nilai, VCT, Pembelajaran PKn

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Aziz wahab, Metode dan Model-Model Mengajar IPS, Bandung: Alfabeta, 2007 Al. Muhtar, S. 2006. Pengembangan Berfikir dan Nilai dalam Pendidikan PKN. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri. Banks, JA. & Ambrose, A.C. 1985. Teaching Strategies for the Social Studies. New York: Longman,Inc. Chaplin, J.R. & Messick, R.G. 1992. Elementary Social Studies: A Practical Guide. New York: Longman. Fajar, Malik. (2004). “tentang Revitalisasi Nasionalisme Indonesia Menuju Pendidikan Kewarganegaraan Menuju Nation and Character Bulding”, Semiloka Nasional Character and Nation Building, tanggal 18 Mei 2004. Kementerian Pendidikan Nasional,( 2010).” Draf Panduan Guru Mata pelajaran PKn : Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama, Jakarta. Diknas Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). “Rencana Induk Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa”. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional. Sutarjo Adi Susilo. 2000. Metode pendidikan nilai dalam ilmu humaniora; makalah yang diseminarkan dalam Seminar Alumni Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta: USD Wianataputra, U.S. (2005). “Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Masyarakat Demokratis dan Berkeadaban: Tinjauan Filosofis-Pedagogis”. Makalah disampaiakan dalam Seminar dan Lokakarya Dosen Pendidikan Kewarganegaraan PTN dan PTS, Ditjen Dikti, untuk Wilayah Indonesia Barat., Medan 22 September 2005. Zahiri Kosasih (1992). ”Dasar dasar Metodologi Pembelajaran Jururan PMP/Kn. Lab PMP/KN FPIPS IKIP Bandung Jurnal Mimbar PGSD Vol: 2 No: 1 Tahun 2014, Universitas Pendidikan Ganesha Denpasar Jurnal PGSD Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013, 0-216, Universitas Negeri Surabaya




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i5.1367

Article Metrics

Sari view : 322 times
PDF - 747 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.