Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Permainan Bola Voli melalui Penerapan Modifikasi Pembelajaran di Kelas X. SMK Negeri 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman (Studi melalui PTK - 2018)

Mhd. Ashar

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mendeksripsikan peningkatan aktivitas belajar peserta didik melalui pendekatan penerapan modifikasi di kelas X SMK Negeri 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian 31 orang peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Rao Selatan, teknik analisis data menggunakan Instrumen, dan teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian mengambarkan bahwa melalui penerapan modifikasi pembelajaran dapat mempengaruhi tingkat aktivitas belajar peserta didik kelas X. Dengan demikian penerapan modifikasi pembelajaran dapat digunakan sebagai bentuk kegiatan proses pembelajaran peserta didik dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Dalam proses pembelajaran Penjasorkes sangat diperlukan adanya model dan variasi dalam pembelajaran. Untuk itu guru sebaiknya dapat merancang model, variasi atau pun modifikasi pembelajaran, salah satunya adalah model penerapan modifikasi pembelajaran dengan pendekatan variasi bermain. Sehingga melalui langkah-langkah pendekatan penerapan modifikasi pembelajaran dari siklus I ke siklus II ternyata peningkatannya signifikan dalam proses pembelajaran, dan hasil pembelajaran pada materi permainan bola voli. Kata Kunci : Pembelajaran Penjasorkes, Permainan Bola Voli, Aktivitas Belajar, dan Penerapan Modifikasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Majid. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya

A. Suryosubroto. 2007. Proses Belajar mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Gusril. 2008. Model Pengembangan Motorik Siswa Sekolah Dasar. Padang : UNP Padang.

Hamzah B. Uno. 2007. Model Pembelajaran. Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang

Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara

Mohd. Uzer usman. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya. Mulyono Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta M. Sobry Sutikno. 2007. Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna. Mataram : NTP Press. Nana Sudjana. 1996. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya. Omar Hamalik. 1999. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara. Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara Rusli Lutan. 1988. Belajar Keterampilan Motorik: Pengantar Teori dan Metode. Jakarta : Depdikbud. Sardiman Arief. 2000. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan). Jakarta : Raja Grafindo Persada. Sardiman A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada. Suparlan, dkk. 2009. Pakem. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Jakarta : Genesindo S. Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara Wina Sanjaya. 2006. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group. Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media W. Gulo. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo Yusufhadi Miarso. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana Group




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i5.1352

Article Metrics

Sari view : 145 times
PDF - 148 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.