PENINGKATKAN KINERJA KEPALA SEKOLAH BINAAN DALAM MENGELOLA SEKOLAH DASAR MELALUI SUPERVISI KLINIS BERKELANJUTAN DI KECAMATAN GUNUANG OMEH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

MUTIRNA MUTIRNA

Sari


Untuk mengelola sekolah secara optimal sesuai tujuan yang diharapkan, kepala sekolah harus membuat program perencanaan kerja sekolah dengan merumuskan berbagai bentuk kebijakan yang berhubungan dengan visi, orientasi, dan strategi pelaksanaan pendidikan yang efektif dan efesien serta memahami cara mencapainya. Selanjutnya kepala sekolah melakukan pengawasan, mengevaluasi pelaksanaan program tersebut dan kepala sekolah menciptakan kepemimpinan yang dapat meningkatkan SDM kependidikan yang profesional, manajemen yang efektif dan profesional, lingkungan pendidikan yang kondusif, mampu membangun kepercayaan kepada masyarakat serta membangun Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam mengelola sekolah untuk mendukung administrasi pendidikan yang efektif, efisien dan akuntabel. Kepala sekolah sebagai menajer dan pemimpin di sekolah diberi tugas dan tanggung jawab mengelola sekolah, menghimpun, memanfaatkan dan menggerakkan seluruh potensisekolah secara optimal untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah Supervisi Klinis dapat meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam pengelolaan sekolah dasar di Kecamatan Gunuang Omeh. Tujuan penelitian tindakan ini adalah : ingin mengetahui sejauh mana Supervisi Klinis dapat meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam pengelolaan sekolah dasar di Kecamatan Gunuang Omeh. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah kepala sekolah Kecamatan Gunuang Omeh, tahun 2016.Data yang diperoleh berupa lembar observasi oleh penulis dan pengamat. Dari hasil pengamatan tergambar peningkatan kinerja kapala sekolah dalam pengelolaan sekolah di Sekolah Dasar.yang berbasis IT. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Supervisi Klinis harus dilaksanakan secara rutin dan terencana sebagai usaha meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam pengelolaan sekolah diSekolah Dasar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. (1998) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara. Bafadal, Ibrahim. (1996) Supervisi Pengajaran Teori dan Apliksinya dalam Membina Profesional Guru. Jakarta: Bumi Aksara. Sagala.(2009) Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.Bandung: Alfabeta. Darma, Agus. (2000) Manajemen Supervisi.Petunjuk Praktis Bagi Supervisor. Jakarta: Fajar Interpratama Offset. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang Undang Republik Indonesi Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Kloang Klede Putra Timur. Jama, Jalius. (2004) Bahan Kajian Kuliah Pengawasan dan Supervisi Pendidikan.Universitas Negeri Padang Program Pascasarjana. Kementrian Pendidikan Nasional. 2011. Buku Kerja Pengawas Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan. Nana, Sujana.(2001) Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Oteng, Sutisna. (1989) Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa. Pidarta, Made. (1986) Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. ______ Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: BP Darma Bakti. ______ Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Depdiknas ______ Permendiknas No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Sukardi.(2003) Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Sahertian P.A. dan F. Mataheru. (1982) Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan Surabaya: Usaha Nasional.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i4.1309

Article Metrics

Sari view : 154 times
PDF - 220 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.