PENERAPAN KONSEP GEOMETRI DALAM MENGEMBANGKAN LOGIKA MATEMATIKA DI TK MELATI KABUPATEN PASAMAN BARAT TAHUN 2018

Endang Citrowati

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh sejauh mana TK Melati sebagai lembaga pendidikan anak usia dini di Kabupaten Pasaman Barat menerapkan konsep geometri dalam mengembangkan logika matematika anak usia dini. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mencoba melihat penerapankonsep geometri dalam mengembangkan logika matematika anak usia dini. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dandokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah murid TK MELATI, Kabupaten Pasaman Barat. Penetuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yaitu kelas B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konsep geometri dalam mengembangkan kecerdasan logika metematika anak usia dinidengan pembelajaran yang bertujuan : 1. Agar anak mampu mengenal bentuk geometridengan cara guru menerangkan dan menyebutkan nama, konsep dan bentuk geometridan diulang kembali oleh anak. 2. Agar anak mampu mengelompokkan bentuk-bentuk geometri yaitu dengan menunjukkan benda dan contoh geometri oleh anak. 3. Agar anak dapat membedakan ciri geometri, contohnya menyebutkan ciri segi tiga dengan persegi. Kata kunci: penerapan konsep geometri, logika matematika, anak usia dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Copley, Juanita V. (2000). Geometry and spatial sense in the early childhood curriculum. Diakses tanggal 9 Oktober 2015

Charlesworth, R. & Leali, S.A. 2012. Using Problem Solving to Assess Young Children’s Mathematics Knowledge. Early Childhood Education Journal, 39, 373–382, (Online). Moleong, L Lexy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. USA: Rosda. Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini (teori dan praktik pembelajaran). Padang : Unp Press. Suryana, Dadan. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Padang: Prenadamedia Group. Triharso, A. 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Yuliani, Nuraini Sujiono. 2013.Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat: PT. Indeks




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i4.1305

Article Metrics

Sari view : 758 times
PDF - 1951 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.