HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-AZHAR KABUPATEN DHARMASRAYA TAHUN AJARAN 2017/2018

Dini Susanti, Rahtu Gita Khodiq

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan observasi yang peneliti lakukan di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Dharmasraya bahwa, Hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Kabupaten Dharmasraya Tahun Ajaran 2017/2018 di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran lingkungan belajar serta gambaran hasil belajar untuk mengetahui apakah terdapat hubungan lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional, yaitu hubungan antra dua variabel antara lingkungan belajar (X) dan hasil belajar siswa (Y), populasi berjumlah 24 orang, penelitian ini adalah penelitian populasi karena semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, setelah data diperoleh maka peneliti menganalisa data tersebut dengan rumus persentase dan product moment. Hasil dalam penelitian ini adalah : (1) lingkungan belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Dharmasraya Tahun Ajaran 2017/2018 tergolong rendah (2) hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Dharmasraya Tahun Ajaran 2017/2018 tergolong rendah (3) terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Dharmasraya Tahun Ajaran 2017/2018. Saran peneliti setelah melakukan penelitian ialah agar pihak sekolah memperhatikan lingkungan belajar siswa dan juga kerja sama dengan orang tua agar lebih memperhatikan kebutuhan anaknya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Hasil Belajar Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Dalyono. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rieneka Cipta Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional: Jakarta. Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta. Djati Sidi Indra. 2005 Menuju Masyarakat Belajar, Jakarta: Paramadina Hamalik, Oemar. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta. Hasbullah. 2011. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. Iskandar. 2008. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Gaung Persada Press: Jakarta. Kartini Kartono, 2009 Pengantar Ilmu mendidik Teoritis, Bandung : Mandarmadya Mariyana, dkk. 2010 Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana Media Group

Poernomo Sonjia, 2006 Kesehatan Sekolah di Indonesia, Jakarta: Erlangga Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Rifai, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES PRESS. Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran. PT. Rineke Cipta: Jakarta. Republik Indonesia. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Pemerintah RI. Republik Indonesia. 2008. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 47 Tahun 2008 tentang Wajib Belajar. Jakarta: Pemerintah RI. Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Pemerintah RI. Saroni Muhammad. 2006 Manajemen Sekolah, Kiat Menjadi Pendidik Yang Kompeten. Yogyakarta Slameto, 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta. Suhardan, Dadang. 2010. Konsep Manajemen Mutu Terpadu. Alfabeta. Bandung. Sukardi, 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara. Sukmadinata, Nana S. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya: Jakarta Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Pustaka Bani Quraisy: Jakarta. Syah. 2015. Dasar-Dasar Kependidikan. PT. Rineka Cipta: Bandung. Universitas Islam Indonesia, 2004 Al-Qur’an Dan Tafsirnya Jilid VII, Yogyakarta : Dana Bhakti Wakaf. Diakses pada tanggal 27 Januari




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i4.1304

Article Metrics

Sari view : 250 times
PDF - 756 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.