PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS II SDN 11 LUBUK JAYA KECAMATAN SUNGAI PAGU KABUPATEN SOLOK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

MUKHLIYETTY MUKHLIYETTY

Sari


Masalah dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada pelajaran IPA di SDN 11 Lubuk Jaya masih menggunakan model pembelajaran yang lama di mana proses belajar mengajar hanya terpaku pada guru, siswa hanya bisa menerima materi yang disampaikan oleh guru, sehingga siswa cenderung pasif dan menganggap pelajaran IPA identik dengan hafalan. Hal ini menyebabkan hasil belajar IPA selalu dibawah SKM klasikal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar IPA siswa kelas II SDN 11 Lubuk Jaya Kecamatan Sungai Pagu dalam pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kuantitatif. Tempat penelitian ini di SDN 11 Lubuk Jaya Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan di Kelas II semester I tahun pelajaran 2012/2013.Prosedur penelitiannya dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi yang dilaksanakan sebanyak 3 Siklus. Hasil penelitian pembelajaran IPA dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual melalui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis masalah memiliki dampak positif dalam meningkatkan daya ingat siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi yang telah disampaikan guru selama ini (ketuntasan belajar meningkat dari Siklus I,II, dan III) yaitu masing-masing 60,00%, 80,00%, dan 95,00%. Pada Siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Berdasarkan analisis data, diperoleh aktivitas siswa dalam proses pembelajaran kontekstual dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Hal ini berdampak positif terhadap proses mengingat kembali materi pelajaran yang telah diterima selama ini, yaitu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa pada setiap siklus yang terus mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis data, diperoleh aktivitas siswa dalam proses pembelajaran IPA dengan pembelajaran kontekstual yang paling dominan adalah bekerja dengan menggunakan alat/media, mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru, dan diskusi antar siswa/antara siswa dengan guru. Jadi dapat dikatakan bahwa aktivitas siswa dapat dikategorikan aktif. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, Pendekatan Kontekstual

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. http://www.contextual.org.id diakses 10 Juli 2009 Arikunto,S. 1998. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara Usman, Moh.Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i74.1299

Article Metrics

Sari view : 120 times
PDF - 92 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.