PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN DENGAN METODE KETERAMPILAN PROSES PADA KELAS IV SDN 08 SAWAH SILUAK KECAMATAN SUNGAI PAGU KABUPATEN SOLOK SELATAN

Mainar Mainar

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan keterampilan proses pada pembelajaran matematika pokok bahasan Pecahan dan meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran Matematika pokok bahasan Pecahan Kelas IV di SDN 08 Sawah Siluak Kecamatan Sungai Pagu. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN 08 Sawah Siluak Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Dimulai tanggal 10 Oktober sampai dengan 24 Oktober 2011. Mata pelajaran yang menjadi objek penelitian adalah Matematika kelas IV SDN 08 Sawah Siluak Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan dengan pokok bahasan Pecahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan keterampilan proses pada pembelajaran Matematika pokok bahasan Pecahan meningkat dengan pencapaian target belajar 90%, dan untuk aktivitas siswa meningkat dengan pencapaian target belajar 90%. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini maka untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya pembelajaran Matematika pokok bahasan Pecahan Kelas IV SDN 08 Sawah Siluak Kecamatan Sungai Pagu adalah dengan penggunaan Metode Keterampilan Proses. Kata Kunci :Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Keterampilan Proses, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dr. M. Sobry Sutikno. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Prospect. Oemar, Hamalik. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT.Bumi Aksara. Suyitno, Amin. 2004. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang : FMIPA UNNES.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i74.1298

Article Metrics

Sari view : 17 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter Flag Counter