MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 PINANG AWAN KECAMATAN PAUH DUO KABUPATEN SOLOK SELATAN

YUSMANIDAR YUSMANIDAR

Sari


Rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 12 Pinang Awan Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan terutama pada mata pelajaran Matematika pada materi mengidentifikasi sifat operasi hitung komutatif dan asosiatif, maka dari itu pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa dengan melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 12 Pinang Awan pada semester 1 (satu) tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menghasilkan data kuantitatif, yang berupa hasil belajar. Data tersebut diperoleh dari evaluasi yang dilakukan setelah proses pembelajaran berakhir. Dan data kualitatif sebagai data penunjang. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, tiap siklus dua kali pertemuan. Peneliti berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengidentifikasi sifat operasi hitung komutatif dan asosiatif pada siklus ke II. Peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar. Pada siklus I didapat persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 47%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 82%, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran koperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) berhasil meningkatkan hasil belajar Matematika materi mengidentifikasi sifat operasi hitung komutatif dan asosiatif pada siswa kelas IV SD Negeri 12 Pinang Awan Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi Suryanto. (2010). Evaluasi Pembelajaran di SD. Jakarta: UT. Agustina. (2012). Proses Belajar Mengajar Sekolah Dasar. Padang: Universitas Negeri Padang, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaaan. Asep Jihad. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multipresindo Asep Herryhernawan. (2010). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta:UT. Bahrudin dan Suherman. (2011). Intisari Super Lengkap Matematika SD. Jakarta: Epsilon Grup. Burhan Mustaqim. (2008). Ayo Belajar Matematika Untuk SD Kelas IV. Jakarta: bse. Fitri Yunita. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Struktur Tumbuhan dan Fungsinya dengan Menggunakan Model Pembelajaran STAD di Kelas IV MIN Sako Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. STKIP Widyaswara Indonesia. Solok Selatan. Skripsi tidak diterbitkan. Karso, dkk. (2005). Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka. Karim. (2006). Pendidikan Matematika II. Jakarta: Universitas Terbuka. Nar Herrhyanto.(2008) Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka. Nur Asma. (2013). Model Pembelajaran Koperatif. Padang: UNP Pres. Nur Hidayah. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka. Purwanto. (2013). Evaluasi Belajar. Penerbit: Pustaka Pelajar. Suharsimi, dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika. Shoimatul Ula. (2013). Revolusi Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Sriyadi. (2011). Fokus Bahan Ajar SD Kelas II. Jakarta. CV. Sindunata. Taufina dan Muhammadi. (2011). Mozaik Pembalajaran Inovatif. Padang: Suka Bina Prees.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i74.1294

Article Metrics

Sari view : 100 times
PDF - 122 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.