MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI KELAS V SD NEGERI 02 LUBUK MALAKO KECAMATAN SANGIR JUJUAN KABUPATEN SOLOK SELATAN

GUSRIYENTI GUSRIYENTI

Sari


Keberhasilan peserta didik dalam suatu proses pembelajaran sangat diharapkan oleh kepala sekolah, keluarga, terutama gurunya yang selalu mendidiknya, sebab keberhasilan lah yang dapat meningkatkan mutu pendidikan dan citra sekolah tersebut terutama dapat mendorong semangat peserta didik yang lain untuk berusaha mengejar ketertinggalannya dalam PBM. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan Model Picture and Picture di Kelas V SD Negeri 02 Lubuk Malako Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan. Penelitian yang telah peneliti lakukan secara klasikal mengalami peningkatan dibandingkan dengan pengamatan awal sebelum dilakukan penelitian. Dimana data awal nilai hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS dengan materi perjuamgan melawan penjajah di kelas V SD Negeri 02 Lubuk Malako Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan di semester II (genap) tahun pelajaran 2014/2015 masih rendah, pesrta didik yang tuntas baru mencapai 35%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asep Jihad, Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo Endang Sulilaningsih, Linda S. Limbong. 2008 Ilmu Pengetahuan Sosial 5. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Istarani (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Media persada. Medan Kurniasih, Imas. Dkk (2014). Teknik & Cara Mudah Membuat Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Propesi Guru. Kata Pena Sapriya. 2011. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Sardjiyo, Sugandi, dan Ischak. 2011. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka Sri Anitah W, dkk. 2010. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka Sudijono, Anas (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada Suharsimi Arikunto, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara Suryanto, Adi. dkk (2008). Evaluasi Pengajaran. Jakarta : Universitas Terbuka Taufik dan Muhammadi. 2011. Mozaik Pembalajaran Inovatif. Padang: Suka Bina Press Thobroni. 2015. Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i74.1293

Article Metrics

Sari view : 85 times
PDF - 77 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.