STRATEGI MNEMONIC DENGAN MENGGUNAKAN KARTU MAKE A MATCHPADA MATERI TRIGONOMETRI
Sari
Matematika adalah suatu materiyang memuat simbol, rumus, teorema, dan algoritma.
Ketikamenyelesaikan soalmatematika siswa diharapkanmampumengingat dan memahami
hal tersebut dengan baik. Memori atau ingatan sangat penting dalam proses kognitif
karena terlibat langsung dalam penyimpanan informasi. Dalam proses pembelajaran
memori merupakan salah satu hal yang dapat mendukung keberhasilan siswa. Oleh karena
itu, diperlukan strategi pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan memori dan
pemahaman siswa yaitu strategi mnemonic dengan menggunakan kartu make a match.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pengambilan sampel
menggunakan teknik random sampling sehingga terpilih duakelompok pada kelas
XpadasalahsatuSMA di Pangkalan Koto Baru. Kelompok ekperimen diberi pembelajaran
strategi mnemonic dengan menggunakan kartu make a matchsedangkan kelompok kontrol
diberi pembelajaran biasa.Berdasarkan analisis data yang menggunakan uji-t
diperoleh๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ = 1,8975 dan๐ก๐ก๐๐๐๐ = 1,6765. Karena๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ > ๐ก๐ก๐๐๐๐ maka hipotesis
diterima dengantaraf kepercayaan 95%. Sehinggadapatdisimpulkan bahwahasil belajar
matematika siswa yang menerapkan strategi mnemonic dengan menggunakan kartu make
a match lebih baik dari siswa yang menerapkan pembelajaran biasapada materi
trigonometri.
Kata kunci: memori, strategi mnemonic, kartu make a match.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmadi, Abu. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Asmarani, Kartika. 2013. Efektifitas Metode Mnemonik dalam meningkatkan Daya Ingat
Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Satu Atap Sluke pada Mata Pelajaran Sejarah Tahun
Pelajaran 2012/2013. Semarang: FIS Universitas Negeri Semarang.
Atkinson, R. C. 1987. Pengantar Psikologi. Batam: Interaksara.
Dewanti, A. 2014. Penerapan Metode Mnemonik dengan Media Kartu Berpasangan untuk
Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran iologi Kelas VII
SMP Negeri 1 Arjasa Jember. Jember: FKIP Universitas Jember.
Jensen, E dan Markowitz, K. 2002. Otak Sejuta Gigabyte. Bandung: Kaifa.
Khodijah, N. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Lorna Curran. 1994. Metode Pembelajaran Make a Match. Jakarta: Pustaka Belajar
Rahmawati. Z, Yulia. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a
Match pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan
Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota. Padang: FKIP: Universitas
Bung Hatta.
Verdianingsih, Eliza. 2014. Strategi Mnemonic dalam Pembelajaran Matematika. Dalam
Proseding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan ISSN: 9
749004. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i3.1232
Article Metrics
Sari view : 448 timesPDF - 1612 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.ย
Email : lppmumsb@gmail.com
Kunjungan Sampai Saat iniย ย ย
This work is licensed under aย Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.