STRATEGI MNEMONIC DENGAN MENGGUNAKAN KARTU MAKE A MATCHPADA MATERI TRIGONOMETRI

Yulia Rahmawati Z

Sari


Matematika adalah suatu materiyang memuat simbol, rumus, teorema, dan algoritma.
Ketikamenyelesaikan soalmatematika siswa diharapkanmampumengingat dan memahami
hal tersebut dengan baik. Memori atau ingatan sangat penting dalam proses kognitif
karena terlibat langsung dalam penyimpanan informasi. Dalam proses pembelajaran
memori merupakan salah satu hal yang dapat mendukung keberhasilan siswa. Oleh karena
itu, diperlukan strategi pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan memori dan
pemahaman siswa yaitu strategi mnemonic dengan menggunakan kartu make a match.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pengambilan sampel
menggunakan teknik random sampling sehingga terpilih duakelompok pada kelas
XpadasalahsatuSMA di Pangkalan Koto Baru. Kelompok ekperimen diberi pembelajaran
strategi mnemonic dengan menggunakan kartu make a matchsedangkan kelompok kontrol
diberi pembelajaran biasa.Berdasarkan analisis data yang menggunakan uji-t
diperoleh๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” = 1,8975 dan๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ = 1,6765. Karena๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ maka hipotesis
diterima dengantaraf kepercayaan 95%. Sehinggadapatdisimpulkan bahwahasil belajar
matematika siswa yang menerapkan strategi mnemonic dengan menggunakan kartu make
a match lebih baik dari siswa yang menerapkan pembelajaran biasapada materi
trigonometri.
Kata kunci: memori, strategi mnemonic, kartu make a match.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, Abu. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asmarani, Kartika. 2013. Efektifitas Metode Mnemonik dalam meningkatkan Daya Ingat

Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Satu Atap Sluke pada Mata Pelajaran Sejarah Tahun

Pelajaran 2012/2013. Semarang: FIS Universitas Negeri Semarang.

Atkinson, R. C. 1987. Pengantar Psikologi. Batam: Interaksara.

Dewanti, A. 2014. Penerapan Metode Mnemonik dengan Media Kartu Berpasangan untuk

Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran iologi Kelas VII

SMP Negeri 1 Arjasa Jember. Jember: FKIP Universitas Jember.

Jensen, E dan Markowitz, K. 2002. Otak Sejuta Gigabyte. Bandung: Kaifa.

Khodijah, N. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Lorna Curran. 1994. Metode Pembelajaran Make a Match. Jakarta: Pustaka Belajar

Rahmawati. Z, Yulia. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a

Match pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan

Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota. Padang: FKIP: Universitas

Bung Hatta.

Verdianingsih, Eliza. 2014. Strategi Mnemonic dalam Pembelajaran Matematika. Dalam

Proseding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan ISSN: 9

749004. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i3.1232

Article Metrics

Sari view : 448 times
PDF - 1612 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

ย 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.ย 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat iniย  ย ย Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under aย Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.