PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN 09 SIMPANG TANJUNG NAN IV DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN
Sari
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kesulitan menuangkan ide, berimajinasi serta
merangkai kata-kata membuat puisi. Penelitian ini bertujuan menggambarkan tahap
prapenulisan, penulisan serta pascapenulisan pada pembelajaran menulis puisi dengan
menggunakan pendekatan lingkungan serta dapat menunjang kemampuan siswa dalam
menulis puisi. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan 2 siklus. Subjek peneliti terdiri atas siswa kelas V dengan jumlah 36
orang.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 aspek, pertama
observasi dengan menyiapkan lembar observasi yang dilihat dari aspek guru dan siswa
yang berisikan butir-butir yang akan dinilai dalam pembelajaran, kedua wawancara
diberikan kepada guru dan siswa yang berisikan bagaimana pendapat guru dan siswa
tentang penerapan pembelajaran menulis narasi dengan menggunakan pendekatan
lingkungan, ketiga tes yang merupakan penilaian terhadap siswa dalam menulis puisi.
Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil
penelitian mencerminkan pendekatan lingkungan dapat memotivasi, melatih berimajinasi,
menuangkan ide peserta didik dalam menulis puisi. Hasil menulis puisi siswa pada siklus I
pada tahap prapenulisan yaitu dengan rata-rata 79%, tahap penulisan dengan rata-rata
70,63%, kemudian tahap pascapenulisan dengan rata-rata 94%. Dapat dibandingkan
pada siklus II yaitu pada tahap prapenulisan dengan rata-rata 95,2%, tahap penulisan
dengan rata-rata 95,6% kemudian tahap pascapenulisan dengan rata-rata 97%.
Penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa pendekatan lingkungan dapat
meningkatan pembelajaran menulis puisi siswa.
Kata Kunci: Menulis puisi, tahap-tahap menulis, pendekatan lingkungan, PTK
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, Suharsimi. Dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
B. Uno, Hamzah. Dkk. 2013. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT. Bumi
Aksara.
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa.
Djuanda, Dandan. 2006. Apresiasi Sanstra Indonesia. Bandung: UPI Press.
Effendi, Mawardi. 2010. Istilah-istilah Dalam Praktik Mengajar dan Pembelajaran.
Padang: UNP Press.
Guntur Tarigan, Henry. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung:
Angkasa Bandung.
Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasnun, Anwar. 2006. Pedoman Menulis Untuk Siswa SMP dan SMA. Yogyakarta: C.V
Andi Offset.
Ikhsan, Andi. dkk. 2017. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar di SD
Negeri 2 Teunom Aceh Jaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP
Unsyiah Vol. 2 No. 1, 1-11 Januari 2017
Januarita, Nadia. dkk. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Konkret terhadap
Keterampilan Menulis Puisi. JPGSD Vol. 03 No.02 Tahun 2015
Kuandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan
Propesi Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Lestari, Arum Tri. dkk. 2017. The Efectiveness of Audio Visual Media Toward Students’
Poetry Writing Skill as A Creative Teacher’s Product in Elementary School.
Sholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 7 No. 3, September 2017: 214-
Sanjaya, Wina. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Margono S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK. Jakarta: PT.
Rineka Cipta
Zulfaridah. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Menulis Puisi melalui Pendekatan
Pembelajaran CTL pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 060890 Kecamatan
Medan Polinia. Elementary School Journal Vol. 8 No. 2 Juni 2018. P-ISSN 2407-
e-ISSN 2355-1747
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i3.1225
Article Metrics
Sari view : 167 timesPDF - 185 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.