PENGARUH PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP NEGERI 3 KOTA SOLOK
Sari
Penelitian ini dilatar belakangi proses pembelajaran masih terpusat pada guru.
Artinya proses pembelajaran hanya berlangsung satu arah dari guru kepada siswa,
sedangkan siswa hanya pasif, mencatat apa yang diterangkan oleh guru dan mengerjakan
tugas-tugas yang dianggap mudah, sedangkan tugas yang sukar dibiarkan saja dan
menunggu jawaban dari siswa yang pintar atau dari guru saja, apabila siswa diberi
kesempatan untuk bertanya siswa memilih untuk diam meskipun mereka belum mengerti
dengan pelajaran tersebut. Salah satu penyebab siswa tidak aktif dalam belajar karena
guru masih menggunakan metode yang belum sesuai dengan materi yang diajarkan.
Sehingga siswa banyak yang minta izin keluar kelas, mengantuk dan sibuk dengan urusan
di luar pelajaran. Oleh karena itu, siswa mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran
yang menyebabkan tidak tuntasnya hasil belajar Ekonomi. Dengan menggunakan metode
cooperative script terdapat peningkatan hasil belajar ekonomi siswa di SMP Negeri 3
Kota Solok
Key word :hasil belajar, pelajaran ekonomi, metode cooperative script
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anitah, Sri 2011. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Arikunto, Suharsimi 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2008. Perangkat Penilaian KTSP SMA. Jakarta: Dirjen Depdiknas.
--------------. 2009. Panduan Penulisan Tugas Akhir Skripsi. Padang: UNP
Hamid, Sholeh . 2011. Metode Edutaiment. Djokjakarta: Diva Press
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Ibrahim, Muslim 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Perss.
Lie, Anita 2002. Cooperative Learning. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Muhibin. 2003. Fsikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Prayitno. 2003. Media Pembelajaran Ekonomi. Yogyakarta: Kerja sama FMIPA
Universitas Negeri Yogyakarta Dengan Direktorat PLP Depdiknas
Suryabrata, Sumadi 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2004. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Syahrial. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Padang: Yayasan Lembaga Pengkajian dan
Konsultan Pendidikan
Sudjana, Nana 2001. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung:PT Remaja Rosda
Karya.
---------------------- 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Slameto. 2001. Belajar dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhinya . Jakarta: Rineka
Cipta
Verina. 2009. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Keaktifan Siswa
Yarnisman. Emmi. 2002. Penggunaan LKS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa .
Skripsi.Padang:UNP.
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i3.1222
Article Metrics
Sari view : 153 timesPDF - 194 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.