SISTEM KERJA HUMAS PEMERINTAH KABUPATEN TANAH DATAR DANKETERKAITANNYA DENGAN MEDIA

Elda Ningsih, Zike Martha

Sari


Profesi Hubungan Masyarakat (Public Relations) menunjukkan perkembanganyang sangat pesat hampir di semua Negara, terutama di Negara-negara yang menganutsistem demokrasi. Hal ini tidaklah mengherankan bila diingat bahwa humas adalah bidangaktivis yang bertujuan menciptakan saling pengertian yang baik antara suatu organisasidengan publiknya.Dalam situasi dimana masyarakat tumbuh cerdas, kritis, dan kompetitif dalammemanfaatkan peluang-peluang yang ada, hubungan masyarakat banyak digunakan olehorganisasi, baik itu organisasi yang bersifat komersial maupun nonkomersial. Mulai dariyayasan, perguruan tinggi, dinas militer, sampai dengan lembaga-lembaga pemerintah,bahkan pesantren demi menunjang manajemen untuk mencapai tujuan yang diinginkanSistem kerja berarti rangkaian tata kerja dan prosedur kerja yang kemudianmembentuk suatu kebulatan pola tertentu dalam rangka melaksanakan suatu bidangpekerjaan kehumasan.Pekerjaan humas tentu saja tidak terlepas dari prinsip komunikasi, yaitumenciptakan suatu komunikasi yang efektif. Keefektifan suatu komunikasi baru akantercapai bila timbulnya saling pengertian antara komunikasi dan komunikator, atau bisadikatakan timbulnya persepsi yang sama tentang memaknai suatu hal.Media massa merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi informasi dankomunikasi Melalui media massa yang semakin banyak berkembang memungkinkaninformasi menyebar dengan mudah dimasyarakat. Informasi dalam bentuk apapun dapatdisebarluaskan dengan mudah dan cepat sehingga mempengaruhi cara pandang, gayahidup, serta budaya suatu bangsaSebagai rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana sistem kerjahumas, apa kendala-kendala yang dihadapi humas serta apa pula upaya yang telahdilakukan Humas Kabupaten Tanah Datar dan Keterkaitannya dengan Media. Dimanalokasi dari penelitian ini adalah Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah KabupatenTanah Datar.Metoda Penelitian ini adalah penelitian kualitatif diskriptif, Populasi dari penelitianini adalah Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Datar dan Keterkaitannyadengan Media. Sedangkan sampel dari penelitan ini adalah Media Cetak, Media Elektronikdan Media online.Adapun tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahuisistem kerja humas Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dan keterkaitannya dengan mediadan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi serta upaya-upaya yang dilakukan oleh humas Kabupaten Tanah Datar dan keterkaitannya dengan media agar penyebar informasidan komunikasi kepada masyarakat dapat terlaksana dengan baik.Kata Kunci : Hubungan Masyarakat (Public Relation), merupakan ujung tombak dalamberinovasi dalam hal penyebaran informasi kepada publik.Melalui media massa yang semakin banyak berkembang memungkinkan informasimenyebar luas dengan mudah di tengah tengah masyarakatProfesi Hubungan Masyarakat (Public Relations) menunjukkan perkembanganyang sangat pesat hampir di semua Negara, terutama di Negara-negara yang menganutsistem demokrasi. Hal ini tidaklah mengherankan bila diingat bahwa humas adalah bidangaktivis yang bertujuan menciptakan saling pengertian yang baik antara suatu organisasidengan publiknya.Dalam situasi dimana masyarakat tumbuh cerdas, kritis, dan kompetitif dalammemanfaatkan peluang-peluang yang ada, hubungan masyarakat banyak digunakan olehorganisasi, baik itu organisasi yang bersifat komersial maupun nonkomersial. Mulai dariyayasan, perguruan tinggi, dinas militer, sampai dengan lembaga-lembaga pemerintah,bahkan pesantren demi menunjang manajemen untuk mencapai tujuan yang diinginkanSistem kerja berarti rangkaian tata kerja dan prosedur kerja yang kemudianmembentuk suatu kebulatan pola tertentu dalam rangka melaksanakan suatu bidangpekerjaan kehumasan.Pekerjaan humas tentu saja tidak terlepas dari prinsip komunikasi, yaitumenciptakan suatu komunikasi yang efektif. Keefektifan suatu komunikasi baru akantercapai bila timbulnya saling pengertian antara komunikasi dan komunikator, atau bisadikatakan timbulnya persepsi yang sama tentang memaknai suatu hal.Media massa merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi informasi dankomunikasi Melalui media massa yang semakin banyak berkembang memungkinkaninformasi menyebar dengan mudah dimasyarakat. Informasi dalam bentuk apapun dapatdisebarluaskan dengan mudah dan cepat sehingga mempengaruhi cara pandang, gayahidup, serta budaya suatu bangsaSebagai rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana sistem kerjahumas, apa kendala-kendala yang dihadapi humas serta apa pula upaya yang telahdilakukan Humas Kabupaten Tanah Datar dan Keterkaitannya dengan Media. Dimanalokasi dari penelitian ini adalah Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah KabupatenTanah Datar.Metoda Penelitian ini adalah penelitian kualitatif diskriptif, Populasi dari penelitianini adalah Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Datar dan Keterkaitannyadengan Media. Sedangkan sampel dari penelitan ini adalah Media Cetak, Media Elektronikdan Media online.Adapun tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahuisistem kerja humas Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dan keterkaitannya dengan mediadan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi serta upaya-upaya yang dilakukan olehMENARA Ilmu Vol. XIII No.2 Januari 2019ISSN 1693-2617 LPPM UMSBE-ISSN 2528-761342humas Kabupaten Tanah Datar dan keterkaitannya dengan media agar penyebar informasidan komunikasi kepada masyarakat dapat terlaksana dengan baik.Kata Kunci : Hubungan Masyarakat (Public Relation), merupakan ujung tombak dalamberinovasi dalam hal penyebaran informasi kepada publik.Melalui media massa yang semakin banyak berkembang memungkinkan informasimenyebar luas dengan mudah di tengah tengah masyarakat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrachman, Oemi. 2001. Dasar-dasar Public Relations. Bandung : Penerbitan PT. Citra

Aditya Bakti

Anggoro M. Linggar, 2005, Teori dan Profesi Kehumasan, Bumi Aksara

Anwar Arifin, Public Relations, Universitas Veteran Republik Indonesia (UVRI), Ujung

Pandang, edisi II, 2001

Ardianto, Elvinaro, dkk (2007) Komunikasi Massa ; Suatu Pengantar, Edisi Revisi,

Bandung : Simbiosa

Cangara, Hafield, 2005, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta, Raja Grafindo

Cutlip.Scot, M.Et al, 2006, Effective Public Relations(Alih bahasa Tri Wibisono) Jakarta,

Kencana

Darmastuti, Rini. 2012. Media Relations - Konsep, Strategi & Aplikasi. Yogyakarta: CV.

Andi Offset

Effendi, Onong Uchajana, 2000, Hubungan Masyarakat, Suatu Komunikologi, Bandung,

Remaja Rosda Karya.

Farid Ali, Metode Penelitian Sosial dalam Bidang Ilmu Administrasi dan Pemerintahan,

Raja Grafik Persada, Jakarta,2000

Frank Jefkins, Public Relations, Erlangga, Jakarta, 2002

Gatut Priyowidodo dan Ruslan Ismail Mage, Petunjuk Praktis Penulisan Skripsi dan Tesis,

Ekasakti Press, 2003.

Kusunastuti,Frida. 2001. Dasar-Dasar Humas .Jakarta : Ghalia Indonesia

Lexi J Maleong, Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2001.

Hadi, 1. P. 2013. "Komunikasi dalam Sebuah Organisasi". http:// faculty.

petra.acid/ido/courses/2 komunikasi_organisasi.pdf. Diakses 7 Desember 2014.

M. Cutlip dan Allen H. Center, EfektifPublic Relations, Remaja Rosdakarya, Bandung,

Morissan, 2006, PengantarPublic Relations, Jakarta: Ramdina Perkasa

Romli, K. 2011. Komunikasi Organisasi Lengkap. Jakarta: Grasindo.

Rhenald Kasali, ManajemenPublic Relations, Pustaka Utama Graffiti, Jakarta, 2002.

Rudi T. May., 2005, Komunikasii dan Hubungan Masyarakat Intematonal, Bandung: PT.

Refika Aditama'

Ruslan, Rosadi, 2007, ManajemenPublic Relationsdan Media Komunikasi, Konsep dan

Aplikasi, Jakarta, Radja Grafindo.

Suawa, S. G. 2013. "Strategi Komunikasi dalam Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan di

Dinas Pendapatan Daerah di Kota Samarinda". eJournal Ilmu Komunikasi, 1(1):

-211.

Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, Bandung : CV. Alfabeta.

Sugiono, Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung, 2001.

Soemirat, S dan Elvinaro, A. 2010. Dasar-dasar Public Relation. Bandung: Rosdakarya.

Tony Greener, Kiat Sukses Public Relationsdan Pembentukan Citranya, PT. Bumi Aksara,

Jakarta, 2002.

Winarni, komunikasi massa suatu pengantar, (unmu mating: UMM Pess 2003),




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i2.1188

Article Metrics

Sari view : 351 times
PDF - 572 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.