ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DOMESTIK DITINJAU DARI PERSPEKTIF DAYA TARIK DESTINASI WISATA KOTA BUKITINGGI

Yofina Mulyati, Masruri

Sari


Bukittinggi merupakan salah satu kota di Sumatera Barat yang terkenal sebagai pusatnya
objek wisata. Sebagai kota yang menjadi destinasi liburan masyarakat Sumatera Barat bahkan luar
negeri, kota Bukittinggi memiliki berbagai daya tarik wisata. Banyak faktor yang mempengaruhi
keputusan wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata kota Bukittinggi, diantaranya adalah
daya tarik dari kota Bukittinggi itu sendiri sebagai kota wisata yang menyediakan berbagai produk
wisata, baik wisata alam, wisata budaya maupun wisata sejarah. Selain itu suatu daerah tujuan
wisata yang memiliki daya tarik wisata akan dipertimbangkan oleh wisatawan karena nilai jual dari
sebuah destinasi wisata adalah dari daya tarik yang mampu ditawarkan pada wisatawan yang ingin
menikmati destinasi wisata tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor-faktor penarik destinasi wisata yang
harus dipertimbangkan untuk meningkatkan keputusan berkunjung wisatawan domestik pada
destinasi wisata kota Bukittinggi, (2) mengetahui pengaruh dari faktor-faktor penarik destinasi
wisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan domestik pada destinasi wisata kota Bukittinggi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan domestik pada destinasi wisata kota
Bukittinggi tahun 2018 yang tidak diketahui dengan pasti jumlahnya, dengan jumlah sampel
sebanyak 246 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling
dengan teknik accidental sampling. Metode analisa data menggunakan analisis multivariat metode
analisis faktor, dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan, melalui Analisis Multivariat dengan Analisis Faktor
didapatkan bahwa faktor-faktor penarik destinasi wisata yang mempengaruhi keputusan
berkunjung wisatawan domestik ke kota bukitinggi terdiri dari 9 faktor yaitu electronic word of
mouth, daya tarik, fasilitas, harga, citra destinasi, lokasi, aksesibilitas, media promosi, ketersediaan
transportasi dan tempat sampah. Kemudian dari 9 faktor tersebut hanya 3 faktor yang berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan domestik yaitu electronic word of
mouth, daya tarik dan aksesibilitas. Selanjutnya untuk fasilitas, lokasi, ketersediaan transportasi dan
tempat sampah berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan
domestik. Sementara untuk harga, citra destinasi dan media promosi berpengaruh positif tidak
signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan domestik.
Kata Kunci : Analisis Faktor, Keputusan Berkunjung, Faktor Penarik Destinasi Wisata


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulhaji, Sulfi dan Yusuf, Ibnu Sina Hi.. 2016. Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas, Dan FasilitasTerhadap

Citra Objek Wisata Danau Tolire Besar Di Kota Ternate. Jurnal Penelitian Humano Vol. 7 No. 2 Edisi

November 2016

Anwani dan Rahayu, Endang Sri. 2015. Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesibilitas, Fasilitas Dan

Tarif Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung Kembali Ke Waduk Sermo Kulon Progo Yogyakarta.

Laporan Penelitian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata API (STIE Pariwisata “API”) Yogyakarta.

Ariyanto. 2005. Ekonomi Pariwisata Jakarta: {online} tersedia:

http://www.geocities.com/ariyantoeks/home.htm diakses Juni 2018

Gegel, I Putu. 2006. Industry Pariwisata Indonesia : Dalam Globalisasi Perdagangan Jasa GATS WTO.

Bandung : Rafika Aditama

Hadi, Susilo dan F. Anita Herawati. 2013. Pengaruh Tingkat Asosiasi Merek Terhadap Tingkat Kesediaan

Melakukan E-Word Of Mouth (Studi Eksplanatif Pengaruh Tingkat Asosiasi Merek Produk

FashionBonvieux Terhadap Tingkat Kesediaan Melakukan e-Word Of Mouth). Yogyakarta UAJY

Hasan, Husaen, Muhammad Asdar dan Jusni. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan

Wisatawan Dalam Melakukan Kunjungan Wisata Di Kota Tidore Kepulauan.Jurnal Sekolah Tinggi

Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Tidore Mandiri Tidore

Kertajaya, Hermawan, 2005, Positioning Differentiation and Brand, Penerbit PT Gramedia Pustaka Tama,

Jakarta.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1 & 2. Jakarta : Erlangga

Middleton, Victor T. C. 2001. Marketing In Travel and Tourism. London: Heinemann Professional

Publishing Ltd.

Morrisan. 2007. Prilaku Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Ramdina Prakarsa

Mukiroh HP danSetiyorini, Diyah. 2012. Pengaruh Faktor-Faktor Penarik Kepariwisataan Wisatawan Asal

Malaysia Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Kota Pekanbaru (Survei Pada Wisatawan Asal Malaysia

yang Berkunjung ke Kota Peanbaru). Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, Vol.II, No.1,

– 269

Mulyati, Yofina, Haryeni dan Masruri. 2018. Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Citra Destinasi

Serta Dampaknya Pada Minat Dan Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Pada Destinasi Wisata

Kota Bukittinggi. Jurnal Ekonomi & Bisnis Dharma Andalas Volume 20 NO 1, JANUARI 2018

Nurwantika, Tia Aliana dan Suwatno. 2012. Pengaruh Distinctive Capabilities Pada Objek Wisata Alam

Taman Bunga Nusantara Terhadap Keputusan Berkunjung (SurveipadaWisatawan Taman Bunga

Nusantara). Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, Vol.II, No.1, 2012 - 201

Pavule, Giva .2006. International Tourism Market for camping Sites in Latvia. Bornemouth University.

Hochschule Heilbronn

Pitana, I Gede dan Putuh, Gayatri. 2005. Sosiologi Pariwisata, Jogjakarta : Andi.

Riantika, Irma. 2016, Pengaruh electronic word of mouth, daya tarik, dan lokasi terhadap keputusan

berkunjung wisatawandi Curug Sidoharjo. Skripsi.Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma.Yogyakarta.

Sarwono, Jonathan. 2012. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantatitif (Menggunakan Prosedur SPSS)

Tuntutan Praktis Dalam Menyusun Skripsi. Jakarta : Elex Media Komputindo

Sitohang, Marulina, I Wayan Suardana dan I Putu Sudana. 2015. Faktor-faktor yang mempengaruhi

keputusan Wisatawan dalam membeli paket wisata di PT. Bali Suci Tour And Travel. Jurnal IPTA Vol. 3

No. 1, 2015 ISSN : 2338-8633

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta

Soebiyantoro, Ugy. (2009). Pengaruh ketersediaan Sarana Prasarana Transportasi terhadap kepuasan

wisatawan. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 4, No. 1, April 2009: 16-22. Fakultas Ekonomi UNP

Surabaya. Program Doktorat Ilmu Managemen Universitas Brawijaya. Malang.

Suwardjoko, P. Warpani dan Indira P. Warpani. 2007, Pariwisata dalam Tata Ruang Wilayah. Bandung : ITB

Syahrul, Alfattory Rheza. 2015. Pengaruh Daya Tarik, Fasilitas dan Aksesibilitas terhadap Keputusan

Wisatawan Asing Berkunjung kembali ke Aloita Resort di Kep. Mentawai. Jurnal STKIP PGRI Sumatera

Barat Vol 7 No 1.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, dan Keinginan

Konsumen. Edisi Revisi, Cetakan ke-4. Jakarta : Kencana.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta : Andi

Yoeti Oka, A, 2006. Tours and Travel Marketing. Cetakan Kedua. Jakarta : Pradnya Paramita




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i1.1179

Article Metrics

Sari view : 1567 times
PDF - 4084 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.