ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DOMESTIK DITINJAU DARI PERSPEKTIF DAYA TARIK DESTINASI WISATA KOTA BUKITINGGI
Sari
Bukittinggi merupakan salah satu kota di Sumatera Barat yang terkenal sebagai pusatnya
objek wisata. Sebagai kota yang menjadi destinasi liburan masyarakat Sumatera Barat bahkan luar
negeri, kota Bukittinggi memiliki berbagai daya tarik wisata. Banyak faktor yang mempengaruhi
keputusan wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata kota Bukittinggi, diantaranya adalah
daya tarik dari kota Bukittinggi itu sendiri sebagai kota wisata yang menyediakan berbagai produk
wisata, baik wisata alam, wisata budaya maupun wisata sejarah. Selain itu suatu daerah tujuan
wisata yang memiliki daya tarik wisata akan dipertimbangkan oleh wisatawan karena nilai jual dari
sebuah destinasi wisata adalah dari daya tarik yang mampu ditawarkan pada wisatawan yang ingin
menikmati destinasi wisata tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor-faktor penarik destinasi wisata yang
harus dipertimbangkan untuk meningkatkan keputusan berkunjung wisatawan domestik pada
destinasi wisata kota Bukittinggi, (2) mengetahui pengaruh dari faktor-faktor penarik destinasi
wisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan domestik pada destinasi wisata kota Bukittinggi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan domestik pada destinasi wisata kota
Bukittinggi tahun 2018 yang tidak diketahui dengan pasti jumlahnya, dengan jumlah sampel
sebanyak 246 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling
dengan teknik accidental sampling. Metode analisa data menggunakan analisis multivariat metode
analisis faktor, dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan, melalui Analisis Multivariat dengan Analisis Faktor
didapatkan bahwa faktor-faktor penarik destinasi wisata yang mempengaruhi keputusan
berkunjung wisatawan domestik ke kota bukitinggi terdiri dari 9 faktor yaitu electronic word of
mouth, daya tarik, fasilitas, harga, citra destinasi, lokasi, aksesibilitas, media promosi, ketersediaan
transportasi dan tempat sampah. Kemudian dari 9 faktor tersebut hanya 3 faktor yang berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan domestik yaitu electronic word of
mouth, daya tarik dan aksesibilitas. Selanjutnya untuk fasilitas, lokasi, ketersediaan transportasi dan
tempat sampah berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan
domestik. Sementara untuk harga, citra destinasi dan media promosi berpengaruh positif tidak
signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan domestik.
Kata Kunci : Analisis Faktor, Keputusan Berkunjung, Faktor Penarik Destinasi Wisata
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdulhaji, Sulfi dan Yusuf, Ibnu Sina Hi.. 2016. Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas, Dan FasilitasTerhadap
Citra Objek Wisata Danau Tolire Besar Di Kota Ternate. Jurnal Penelitian Humano Vol. 7 No. 2 Edisi
November 2016
Anwani dan Rahayu, Endang Sri. 2015. Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesibilitas, Fasilitas Dan
Tarif Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung Kembali Ke Waduk Sermo Kulon Progo Yogyakarta.
Laporan Penelitian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata API (STIE Pariwisata “API”) Yogyakarta.
Ariyanto. 2005. Ekonomi Pariwisata Jakarta: {online} tersedia:
http://www.geocities.com/ariyantoeks/home.htm diakses Juni 2018
Gegel, I Putu. 2006. Industry Pariwisata Indonesia : Dalam Globalisasi Perdagangan Jasa GATS WTO.
Bandung : Rafika Aditama
Hadi, Susilo dan F. Anita Herawati. 2013. Pengaruh Tingkat Asosiasi Merek Terhadap Tingkat Kesediaan
Melakukan E-Word Of Mouth (Studi Eksplanatif Pengaruh Tingkat Asosiasi Merek Produk
FashionBonvieux Terhadap Tingkat Kesediaan Melakukan e-Word Of Mouth). Yogyakarta UAJY
Hasan, Husaen, Muhammad Asdar dan Jusni. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan
Wisatawan Dalam Melakukan Kunjungan Wisata Di Kota Tidore Kepulauan.Jurnal Sekolah Tinggi
Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Tidore Mandiri Tidore
Kertajaya, Hermawan, 2005, Positioning Differentiation and Brand, Penerbit PT Gramedia Pustaka Tama,
Jakarta.
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1 & 2. Jakarta : Erlangga
Middleton, Victor T. C. 2001. Marketing In Travel and Tourism. London: Heinemann Professional
Publishing Ltd.
Morrisan. 2007. Prilaku Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Ramdina Prakarsa
Mukiroh HP danSetiyorini, Diyah. 2012. Pengaruh Faktor-Faktor Penarik Kepariwisataan Wisatawan Asal
Malaysia Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Kota Pekanbaru (Survei Pada Wisatawan Asal Malaysia
yang Berkunjung ke Kota Peanbaru). Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, Vol.II, No.1,
– 269
Mulyati, Yofina, Haryeni dan Masruri. 2018. Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Citra Destinasi
Serta Dampaknya Pada Minat Dan Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Pada Destinasi Wisata
Kota Bukittinggi. Jurnal Ekonomi & Bisnis Dharma Andalas Volume 20 NO 1, JANUARI 2018
Nurwantika, Tia Aliana dan Suwatno. 2012. Pengaruh Distinctive Capabilities Pada Objek Wisata Alam
Taman Bunga Nusantara Terhadap Keputusan Berkunjung (SurveipadaWisatawan Taman Bunga
Nusantara). Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, Vol.II, No.1, 2012 - 201
Pavule, Giva .2006. International Tourism Market for camping Sites in Latvia. Bornemouth University.
Hochschule Heilbronn
Pitana, I Gede dan Putuh, Gayatri. 2005. Sosiologi Pariwisata, Jogjakarta : Andi.
Riantika, Irma. 2016, Pengaruh electronic word of mouth, daya tarik, dan lokasi terhadap keputusan
berkunjung wisatawandi Curug Sidoharjo. Skripsi.Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma.Yogyakarta.
Sarwono, Jonathan. 2012. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantatitif (Menggunakan Prosedur SPSS)
Tuntutan Praktis Dalam Menyusun Skripsi. Jakarta : Elex Media Komputindo
Sitohang, Marulina, I Wayan Suardana dan I Putu Sudana. 2015. Faktor-faktor yang mempengaruhi
keputusan Wisatawan dalam membeli paket wisata di PT. Bali Suci Tour And Travel. Jurnal IPTA Vol. 3
No. 1, 2015 ISSN : 2338-8633
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta
Soebiyantoro, Ugy. (2009). Pengaruh ketersediaan Sarana Prasarana Transportasi terhadap kepuasan
wisatawan. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 4, No. 1, April 2009: 16-22. Fakultas Ekonomi UNP
Surabaya. Program Doktorat Ilmu Managemen Universitas Brawijaya. Malang.
Suwardjoko, P. Warpani dan Indira P. Warpani. 2007, Pariwisata dalam Tata Ruang Wilayah. Bandung : ITB
Syahrul, Alfattory Rheza. 2015. Pengaruh Daya Tarik, Fasilitas dan Aksesibilitas terhadap Keputusan
Wisatawan Asing Berkunjung kembali ke Aloita Resort di Kep. Mentawai. Jurnal STKIP PGRI Sumatera
Barat Vol 7 No 1.
Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, dan Keinginan
Konsumen. Edisi Revisi, Cetakan ke-4. Jakarta : Kencana.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta : Andi
Yoeti Oka, A, 2006. Tours and Travel Marketing. Cetakan Kedua. Jakarta : Pradnya Paramita
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i1.1179
Article Metrics
Sari view : 1567 timesPDF - 4084 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.