Efektivitas Metode Pembelajaran Al-Qur’an dalam Meningkatkan Pemahaman Keberagamaan Siswa (Studi Deskriptif: SMA IT As-Syifa Boarding School Wanareja)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan pemahaman keberagamaan siswa di SMA IT As-Syifa Boarding School Wanareja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang melibatkan wawancara mendalam dengan guru, siswa, dan kepala sekolah, observasi, serta analisis dokumen terkait. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode talaqqi (pengajaran langsung) dan kajian tafsir terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman kognitif siswa terhadap ayat-ayat Al-Qur’an. Selain itu, metode ini juga berkontribusi signifikan dalam mengembangkan sikap religius siswa (dimensi afektif) dan menguatkan pengamalan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari (dimensi psikomotorik). Integrasi teknologi dalam pembelajaran, seperti penggunaan aplikasi Al-Qur’an digital, turut memperkaya pengalaman belajar dan meningkatkan motivasi siswa. Meskipun demikian, tantangan terkait keterbatasan akses teknologi dan kebutuhan dukungan tambahan bagi siswa baru yang belum terbiasa dengan metode intensif ini tetap menjadi isu yang perlu diperhatikan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan teori dan praktik pembelajaran Al-Qur’an, khususnya di lingkungan pendidikan berbasis boarding school, serta memberikan rekomendasi praktis bagi lembaga pendidikan Islam dalam merancang metode yang efektif dan relevan dengan perkembangan zaman.
Kata Kunci: metode pembelajaran Al-Qur’an, pemahaman keberagamaan, talaqqi, tafsir, teknologi, boarding school.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
REFERENCES
Aprila, D., Andriani, W., & Ananto, R. P. (2023). Financial Management of Nagari Owned Enterprises (BUMNAG) and Its Impact on Community Welfare. Jurnal Akuntansi Bisnis, 16(2), 210–225. https://doi.org/10.30813/jab.v16i2.4461
Arif, M. N., Mesran, M., & Yurmaini, Y. (2024). Efektivitas Bimbingan Belajar Baca Tulis Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di MTS Al-Washliyah 30 Pematang Guntung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5273–5280. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13208
Arrohman, S. R., Fatimah, M., & Khasanah, U. (2023). Implementation Of The Learning Model With The ’Ali Method To Improve The Ability To Read The Qur’an Of Students Of The Special Program For Tahfizhul Qur’an (PKTQ) Sukoharjo 2022/2023 State Madrasah Ibtidaiyah. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 7(2), 304–321. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v7i2.2651
Arromy, M. M., Nurobiyanto, N., Hambali, A., Basri, H., & Ali, M. (2024). Peran Pembelajaran Al-Qur’an Hadis dalam Memperkuat Pemahaman Teologi Islam Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(5), 5589–5599. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i5.7343
Basir, A., Tamjidnor, Suraijiah, Karoso, S., & Saidi, S. (2024). Enhancing Qur’an Reading Proficiency in Madrasahs Through Teaching Strategies Top of Form. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 373–389. https://doi.org/10.31538/nzh.v7i2.4985
Bitu, Y. S., Setiawi, A. P., Bili, F. G., Iriyani, S. A., & Patty, E. N. S. (2024). Pembelajaran Interaktif: Meningkatkan Keterlibatan dan Pemahaman Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 5(2), 193–198. https://doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.14697
Dahlan, A., Aziz, M. A., Nurfatimatuzzahro, D., Sakdiya, K., & Hidayat, A. L. (2024). Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Drill Dalam Meningkatkan Pemahaman Bacaan Al- Qur’An. Al Naqdu: Jurnal Kajian Keislaman, 05(1), 1–9. https://doi.org/10.58773/alnaqdu.v
Fazil, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Metode Iqra’ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Siswa Muallaf. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 2(1), 85–103. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v2i1.29
Halwing, H. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an-Hadis Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Madrasah Aliyah. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 14(1), 42. https://doi.org/10.31332/atdbwv14i1.2039
Ismail, T., Suhadi, S., & Sulistyowati, S. (2022). Strategi Guru Tahfidz Dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal Al-Qur’an. Mamba’ul ’Ulum, 18(2), 159–167. https://doi.org/10.54090/mu.65
Khofifah, K., Putri, N. R., Jannah, F., & Yuli Astuti, N. (2024). Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(2), 218–223. http://ejournal.stit-alqurananiyah.ac.id/index.php/jpia/
Laksana, S. D., Susilo, M. P., & Saputro, A. D. (2023). Efectiveness of the Tahfidz Al-Qur’an Program Right Brain Method on Improving MI/SD Students’ Cognitive Learning Achievement. Al-Mudarris: Journal of Education, 6(2), 151–159. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v
Sholihah, A. R., Rifaldi, M., & Kholifah, A. (2024). Analysis of the Effectiveness of Learning Methods in Improving the Ability to Read Al Qur ’ an in Elementary School Age in Indonesia. International Journal of Instruction, Technology & Social Sciences, 3(3), 1–13. https://doi.org/10.47577/ijitss.v3i.80
Supriadi, U., Supriyadi, T., & Abdussalam, A. (2022). Al-Qur’an Literacy: A Strategy and Learning Steps in Improving Al-Qur’an Reading Skills through Action Research. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(1), 323–339. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.1.18
Suwartono. (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian (E. Risanto (ed.)). CV Andi Offset. https://www.researchgate.net/publication/321057969
Syahza, A. (2021). Metodologi Penelitian (Edisi Revisi Tahun 2021) (Issue September). Unri Press. https://www.researchgate.net
Wasito, W. (2022). Pengembangan media pembelajaran al-Qur’an berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan hafalan siswa. Journal of Islamic Education and Innovation, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.26555/jiei.v3i1.6109
Wiradinata. (2019). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfizhu Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Al-Qur’aniyah Bengkulu Selatan. An-Nizom, 4(1), 33–40. ejournal.uinfasbengkulu.ac.id
Zumaro, A. (2023). The Optimization of Quranic Reading And Writing: A Blended Learning Method On The Qur’an & Hadith Course At Min (State Islamic Elementary School) In Metro City, Lampung. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02), 1271–1290. https://doi.org
DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v7i2.6259
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Supported by Association
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.