Evaluasi Manajemen KKG PAI dengan Model CIPP untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Sekolah Dasar
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adam, M. W. S. (2023). Evaluasi program kelompok kerja guru Gugus VI Dukuh di Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor [Master’s Thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42636
Aslamiyah, N., & Abun, R. (2023). Profesionalisme guru sebuah tuntutan dalam era perubahan sebagai wujud penguatan manajemen pendidikan islam. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7(1), 12–24.
Caswita, M. A. (2021). Manajemen Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Deepublish.
Creswell, J. W. (2009). Research Design Pendekatan Kualitataif Kuantitatif Dan Mixed, terjemahan Achmad Fawaid. Pustaka Pelajar.
Dute, H. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Masyarakat Pluralistik. Publica Indonesia Utama. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=i-tDEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Guru+PAI,+khususnya+di+tingkat+Sekolah+Dasar+(SD),+memegang+peran+strategis+dalam+mewariskan+nilai-nilai+agama+yang+sesuai+dengan+ajaran+Islam&ots=b88YO_GcBo&sig=vwSjTOuSA5FQb2Rbwy-l55LDQT0
Gunawan, I. (2011). Evaluasi program pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 17(1). https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JP/article/view/108
Hamidi, R. R. (2018). Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Di SDIT Baitul Jannah Kecamatan Kemiling Raya Bandar Lampung [PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/4849/
Harri, M., Suhartono, Fitriati, T. K., & Subagja, I. K. (2022). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. CV. Pena Persada.
Ibrahim, M. M. (2018). Penelitian Evaluasi Bidang Pendidikan (Pendekatan Kualitatif). Makassar: Alauddin University Press.
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.
Labuem, W. N.-M. Y.-S., Al Mansur, D. W. A.-M., Masgumelar, H. A.-N. K., Wijayanto, A., Or, S., Kom, S., Anggaira, A. D. A. S., Bayu, W. I., Amiq, F., & Or, S. (2021). Implementasi dan problematika merdeka belajar. Tulungagung: Akademia Pustaka. https://files.osf.io/v1/resources/yshk6/providers/osfstorage/608a766c6801ab00352abcfa?action=download&direct&version=1
Latip, A. E. (2018). Evaluasi Pembelajaran di SD dan MI. Rosda. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/55889/1/11.%20Evaluasi%20Pembelajaran%20%20di%20SD%20dan%20MI.pdf
Lubis, S. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(2), 189–205.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Mulia, U. (2023). Manajemen Dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI Parepare dalam meningkatkan Kompetensi Guru: Studi Kasus SMA Negeri 4 Parepare [PhD Thesis, IAIN Parepare]. https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6054/
Najri, P. (2020). MGMP dalam meningkatkan keprofesionalan guru mata pelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 130–144.
Nurhayani, N., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. A. (2022). Model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program pendidikan karakter sebagai fungsi pendidikan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2353–2362.
Prasetyo, M. A. M., & Salabi, A. S. (2021). Model evaluasi dan instrumen program pendidikan pelatihan di lembaga pendidikan Islam. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 5(1), 101–117.
Suherman, S., Hermansyah, A., & Jaelani, D. A. (2021). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pai Melalui Kelompok Kerja Guru (Kkg). Jurnal’Ulumuddin, 3(1), 1–30.
DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v7i2.6083
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Supported by Association
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.