Evaluasi Manajemen KKG PAI dengan Model CIPP untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Sekolah Dasar

Melda Delvia, Remiswal Remiswal, Ahmad Sabri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi manajemen KKG PAI di Sekolah Dasar Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, dengan menggunakan Model CIPP. Model ini digunakan untuk menilai komponen konteks, masukan, proses, dan produk dalam upaya meningkatkan profesionalitas guru PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode evaluatif, yang melibatkan wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program KKG PAI berjalan dengan baik, namun terdapat beberapa aspek yang memerlukan perbaikan. Pada komponen konteks, kegiatan KKG PAI relevan dengan kebutuhan peningkatan kualitas pendidikan agama di sekolah dasar. Pada komponen masukan, sumber daya yang ada cukup memadai meskipun ada kekurangan dalam fleksibilitas waktu dan keterlibatan guru dalam perencanaan. Komponen proses menunjukkan pelaksanaan kegiatan yang cukup baik, namun perlu adanya peningkatan dalam hal interaksi antara peserta dan fasilitator serta kesempatan untuk praktik langsung. Sementara itu, komponen produk mengungkapkan adanya peningkatan signifikan dalam kompetensi dan keterampilan profesional guru, terutama dalam hal pengelolaan kelas dan penerapan metode pembelajaran yang inovatif. Meskipun demikian, tantangan terkait fasilitas dan penerapan teknologi dalam pembelajaran masih perlu diatasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa KKG PAI memiliki dampak positif terhadap profesionalisme guru, namun perlu ada peningkatan dalam aspek perencanaan, evaluasi berkelanjutan, dan pemanfaatan teknologi dalam pelaksanaan program.

References


Adam, M. W. S. (2023). Evaluasi program kelompok kerja guru Gugus VI Dukuh di Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor [Master’s Thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42636

Aslamiyah, N., & Abun, R. (2023). Profesionalisme guru sebuah tuntutan dalam era perubahan sebagai wujud penguatan manajemen pendidikan islam. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7(1), 12–24.

Caswita, M. A. (2021). Manajemen Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Deepublish.

Creswell, J. W. (2009). Research Design Pendekatan Kualitataif Kuantitatif Dan Mixed, terjemahan Achmad Fawaid. Pustaka Pelajar.

Dute, H. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Masyarakat Pluralistik. Publica Indonesia Utama. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=i-tDEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Guru+PAI,+khususnya+di+tingkat+Sekolah+Dasar+(SD),+memegang+peran+strategis+dalam+mewariskan+nilai-nilai+agama+yang+sesuai+dengan+ajaran+Islam&ots=b88YO_GcBo&sig=vwSjTOuSA5FQb2Rbwy-l55LDQT0

Gunawan, I. (2011). Evaluasi program pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 17(1). https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JP/article/view/108

Hamidi, R. R. (2018). Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Di SDIT Baitul Jannah Kecamatan Kemiling Raya Bandar Lampung [PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/4849/

Harri, M., Suhartono, Fitriati, T. K., & Subagja, I. K. (2022). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. CV. Pena Persada.

Ibrahim, M. M. (2018). Penelitian Evaluasi Bidang Pendidikan (Pendekatan Kualitatif). Makassar: Alauddin University Press.

Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.

Labuem, W. N.-M. Y.-S., Al Mansur, D. W. A.-M., Masgumelar, H. A.-N. K., Wijayanto, A., Or, S., Kom, S., Anggaira, A. D. A. S., Bayu, W. I., Amiq, F., & Or, S. (2021). Implementasi dan problematika merdeka belajar. Tulungagung: Akademia Pustaka. https://files.osf.io/v1/resources/yshk6/providers/osfstorage/608a766c6801ab00352abcfa?action=download&direct&version=1

Latip, A. E. (2018). Evaluasi Pembelajaran di SD dan MI. Rosda. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/55889/1/11.%20Evaluasi%20Pembelajaran%20%20di%20SD%20dan%20MI.pdf

Lubis, S. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(2), 189–205.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Mulia, U. (2023). Manajemen Dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI Parepare dalam meningkatkan Kompetensi Guru: Studi Kasus SMA Negeri 4 Parepare [PhD Thesis, IAIN Parepare]. https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6054/

Najri, P. (2020). MGMP dalam meningkatkan keprofesionalan guru mata pelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 130–144.

Nurhayani, N., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. A. (2022). Model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program pendidikan karakter sebagai fungsi pendidikan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2353–2362.

Prasetyo, M. A. M., & Salabi, A. S. (2021). Model evaluasi dan instrumen program pendidikan pelatihan di lembaga pendidikan Islam. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 5(1), 101–117.

Suherman, S., Hermansyah, A., & Jaelani, D. A. (2021). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pai Melalui Kelompok Kerja Guru (Kkg). Jurnal’Ulumuddin, 3(1), 1–30.




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v7i2.6083

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.