Kompetensi Profesionalitas Guru PAI dalam Membangun Karakter Religius Peserta Didik di SMP Plus Baiturrahman Bandung

Kenny Murfy Perdana, Tarsono Tarsono, Azkia Fazri Nurhidayah, Siti Nurul Mutiah

Abstract


Karakter religius adalah faktor fundamental yang harus dimiliki oleh peserta didik karena merupakan kunci kesuksesan dalam kehidupan. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memainkan peran penting dalam pembinaan karakter religius peserta didik, melalui penerapan metode keteladanan dan pembiasaan. Peran utama dalam membentuk karakter religius peserta didik adalah guru pendidikan agama Islam. Guru merupakan komponen yang sangat penting dalam dunia pendidikan, terutama dalam menghadapi berbagai masalah yang berkaitan dengan upaya peningkatan mutu pendidikan dan pembentukan karakter religius peserta didik. Guru PAI berfungsi sebagai teladan yang mencerminkan sikap dan perilaku baik. Guru PAI yang profesional memiliki tiga misi utama: dakwah, pedagogik, dan pendidikan, yang mendukung pembentukan akhlak mulia pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Berdasarkan temuan penelitian, profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Baiturrahman, Ujung Berung, Kota Bandung dalam mengembangkan karakter religius peserta didik telah berjalan optimal. Guru PAI memahami landasan pendidikan, menyusun modul ajar, mengelola kelas, menguasai kompetensi, serta melaksanakan evaluasi pembelajaran dan memahami kode etik profesi. Berdasarkan temuan penulis guru pendidikan agama Islam telah melakukan berbagai macam upaya dalam meningkatkan karakter religious peserta didik. Upaya yang dilakukan mencakup kegiatan keagamaan seperti shalat dhuha dan zuhur berjama'ah, membaca Al-Qur'an sebelum pelajaran, serta ekstrakurikuler hafalan Al-Qur'an Juz 30.

References


Ahmad, A. (2022). Pengembangan Karakter Sopan Santun Peserta Didik: Studi Kasus Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 278–296.

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Anggraini, M. (2023). Profesionalisme Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Agama Islam di UPT SMP Negeri 5 Medan. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 883–891.

Astuti, F. (2019). Strategi Guru Kelas Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sdit Permata Bunda Iii Bandar Lampung [PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung].

Awwaliyah, R., & Baharun, H. (2019). Pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional (Telaah epistemologi terhadap problematika pendidikan Islam). Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(1), 34–49.

Bramantio, R. (2023). Strategi Pembinaan Akhlak pada Remaja dalam membentuk Karakter Religius (Studi Kasus di Masjid Al-Muharram, Juwangen, Purwomartani, Kalasan, Sleman, DIY) [PhD Thesis, Universitas Islam Indonesia].

Daraqthuni, D. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam Di Man 1 Mukomuko Provinsi Bengkulu [PhD Thesis, UIN Fatmawati

Dini, J. (2022). Pengaruh pembiasaan, kecerdasan emosional dan dukungan orang tua terhadap kemandirian anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3034–3049.

Fadillah, N., & Wahyudin, D. (2024). Analisis Pemahaman Guru Sekolah Dasar Terhadap Karakteristik Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1881–1891.

Fiftina, N. E. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Arab di MI Muhammadiyah Kedungwuluh Lor Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas [PhD Thesis, IAIN].

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: Penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).

Hidayatullah, M. F. (2018). Paradigma Pendidikan Keluarga: Supervisi dan Motiv Keterlibatan Orang Tua dalam Pelaksanaan Ibadah. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 58–74.

Hsb, A. R. G., & Ramadhani, M. S. A. (2024). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru PAI dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan di Era Globalisasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 111–120.

Jauhari, I., & Arfa’Ladamay, M. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Plus Al-Barokah Babat Lamongan. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 1(2), 216–229.

Khamalah, N. (2017). Penguatan pendidikan karakter di madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2), 200–215.

Kholil, A. (2021). Kolaborasi Peran serta Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1).

Latiana, L. (2019). Peran Sertifikasi guru dalam meningkatkan profesionalisme pendidik. Edukasi, 13(1).

Loheni, R., Lukas, L., Trisiana, R., Sitohang, R. M. S., Natalia, V., & Sariani, R. (2023). Kontribusi Guru dalam Pembentukan Subjek Disiplin Siswi/A: Narasi Deskriptif SMP di Kabupaten Barito Timur. EDUCATION: Scientific Journal of Education, 1(1), 10–28.

Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Nugraha, S. A. (2016). Konsep Dasar Pendidikan Karakter. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 158–176.

Nurhaibi, N., Zalisman, Z., & Hariati, H. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Mengembangkan Karakter Religius Peserta Didik SDIT Imam Asy-Syafii Pekanbaru. Mitra Pgmi: Jurnal Kependidikan Mi, 9(1), 71–79.

Nurizka, R., & Rahim, A. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(1), 38–49.

Nuzli, M., Rahma, S., Chaniago, F., & Sampoerna, M. N. (2021). Profesionalitas guru pendidikan agama Islam: Upaya membangun karakter religious peserta didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 244–261.

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(1), 75–94.

Putri, R. A., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2022). Problematika Guru Dalam Program Pembiasaan Karakter Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar. P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 33–42.

Ridho, M. (2024). Konsep Pendidikan Pembiasaan Salat Pada Anak Dalam Perspektif Hadist Tarbawi [PhD Thesis, Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara].

Rifa’i, M., Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Manajemen peserta didik (Pengelolaan peserta didik untuk efektivitas pembelajaran).

Safitri, D., Sos, S., & Pd, M. (2019). Menjadi guru profesional. PT. Indragiri Dot Com. Riau

Sari, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(1), 54–71.

Susilo, D. P., Stevanus, K., & Yulia, T. (2023). Kinerja Pendidik Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teologi Berita Hidup, 5(2), 407–424.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78.




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v7i2.5999

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.