Kompetensi Profesionalitas Guru PAI dalam Membangun Karakter Religius Peserta Didik di SMP Plus Baiturrahman Bandung
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad, A. (2022). Pengembangan Karakter Sopan Santun Peserta Didik: Studi Kasus Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 278–296.
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).
Anggraini, M. (2023). Profesionalisme Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Agama Islam di UPT SMP Negeri 5 Medan. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 883–891.
Astuti, F. (2019). Strategi Guru Kelas Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sdit Permata Bunda Iii Bandar Lampung [PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung].
Awwaliyah, R., & Baharun, H. (2019). Pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional (Telaah epistemologi terhadap problematika pendidikan Islam). Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(1), 34–49.
Bramantio, R. (2023). Strategi Pembinaan Akhlak pada Remaja dalam membentuk Karakter Religius (Studi Kasus di Masjid Al-Muharram, Juwangen, Purwomartani, Kalasan, Sleman, DIY) [PhD Thesis, Universitas Islam Indonesia].
Daraqthuni, D. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam Di Man 1 Mukomuko Provinsi Bengkulu [PhD Thesis, UIN Fatmawati
Dini, J. (2022). Pengaruh pembiasaan, kecerdasan emosional dan dukungan orang tua terhadap kemandirian anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3034–3049.
Fadillah, N., & Wahyudin, D. (2024). Analisis Pemahaman Guru Sekolah Dasar Terhadap Karakteristik Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1881–1891.
Fiftina, N. E. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Arab di MI Muhammadiyah Kedungwuluh Lor Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas [PhD Thesis, IAIN].
Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: Penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).
Hidayatullah, M. F. (2018). Paradigma Pendidikan Keluarga: Supervisi dan Motiv Keterlibatan Orang Tua dalam Pelaksanaan Ibadah. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 58–74.
Hsb, A. R. G., & Ramadhani, M. S. A. (2024). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru PAI dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan di Era Globalisasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 111–120.
Jauhari, I., & Arfa’Ladamay, M. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Plus Al-Barokah Babat Lamongan. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 1(2), 216–229.
Khamalah, N. (2017). Penguatan pendidikan karakter di madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2), 200–215.
Kholil, A. (2021). Kolaborasi Peran serta Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1).
Latiana, L. (2019). Peran Sertifikasi guru dalam meningkatkan profesionalisme pendidik. Edukasi, 13(1).
Loheni, R., Lukas, L., Trisiana, R., Sitohang, R. M. S., Natalia, V., & Sariani, R. (2023). Kontribusi Guru dalam Pembentukan Subjek Disiplin Siswi/A: Narasi Deskriptif SMP di Kabupaten Barito Timur. EDUCATION: Scientific Journal of Education, 1(1), 10–28.
Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.
Nugraha, S. A. (2016). Konsep Dasar Pendidikan Karakter. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 158–176.
Nurhaibi, N., Zalisman, Z., & Hariati, H. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Mengembangkan Karakter Religius Peserta Didik SDIT Imam Asy-Syafii Pekanbaru. Mitra Pgmi: Jurnal Kependidikan Mi, 9(1), 71–79.
Nurizka, R., & Rahim, A. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(1), 38–49.
Nuzli, M., Rahma, S., Chaniago, F., & Sampoerna, M. N. (2021). Profesionalitas guru pendidikan agama Islam: Upaya membangun karakter religious peserta didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 244–261.
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(1), 75–94.
Putri, R. A., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2022). Problematika Guru Dalam Program Pembiasaan Karakter Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar. P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 33–42.
Ridho, M. (2024). Konsep Pendidikan Pembiasaan Salat Pada Anak Dalam Perspektif Hadist Tarbawi [PhD Thesis, Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara].
Rifa’i, M., Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Manajemen peserta didik (Pengelolaan peserta didik untuk efektivitas pembelajaran).
Safitri, D., Sos, S., & Pd, M. (2019). Menjadi guru profesional. PT. Indragiri Dot Com. Riau
Sari, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(1), 54–71.
Susilo, D. P., Stevanus, K., & Yulia, T. (2023). Kinerja Pendidik Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teologi Berita Hidup, 5(2), 407–424.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78.
DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v7i2.5999
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Supported by Association
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.