Implementasi Empat Keterampilan Abad 21 Melalui Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di SDN Kutabumi II
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang dari pentingnya keterampilan empat abad 21 yang harus dimiliki oleh setiap individu. Maka dari itu penerapan empat keterampilan abad 21 melalui kegiatan pembelajaran dapat dilakukan sebagai bentuk pengenalan dan peningkatan keterampilan yang dapat dimiliki oleh peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterampilan empat abad 21 pada peserta didik melalui implementasi kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila.metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan.Hasil dari penelitian ini yaitu implementasi empat keterampilan abad-21 melalui kegiatan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) tema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan kegiatan praktik menanam tanaman obat-obatan yang dilakukan oleh kelas IV di SDN Kutabumi II.Bentuk implementasi empat keterampilan abad 21 melalui kegiatan P5 dengan kegiatan Praktik menanam yaitu , Berpikir kritis, Kreatif, Komunikasi, dan Kolaborasi. Dalam Kegiatan terdapat faktor pendukung seperti tersedianya media, serta dukungan dari orang tua peserta didik, sedangkan faktor penghambatnya yaitu terkadang peserta didik sering merasa bosan ketika belajar di kelas. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan kebebasan bagi peserta didik untuk mengerjakan tugas dimana saja. Hal ini juga dapat meningkatkan keterampilan kreatif pada peserta didik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afida, Renny Nur. 2023. ‘Literature Review: Peran Guru Dalam Membangun Ketrampilan 4C Siswa Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi’. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 6:643–47. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/2196.
Arnyana, Ida Bagus Putu. 2019. ‘Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4c (Communication, Collaboration, Critical Thinking Dancreative Thinking) Untukmenyongsong Era Abad 21’. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi 1 (1): i–xiii.
Astuti, Andarweni, and Ambrosius Heri Krismawanto. 2023. ‘Pelaksanaan Kegiatan P5 Kurikulum Merdeka Di SD Marsudirini Gedangan Semarang’. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese Dan Pastoral 2 (1): 126–45.
Haryono, Mimpira, Rita Prima Bendriyanti, Syisva Nurwita, and Ria Fransisca. 2023. ‘KUNCI SUKSES PEMBELAJARAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)’. Bakti Nusantara Linggau: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3 (1): 1–6.
Okpatrioka, Okpatrioka, and Naura Zhafirah. 2023. ‘Inovasi Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Jenjang Sekolah Dasar’. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat 1 (3): 105–18.
Prayogi, Rayinda Dwi. 2020. ‘Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan’. Manajemen Pendidikan 14 (2). https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9486.
Santoso, Gunawan, Annisa Damayanti, Sri Imawati, and Masduki Asbari. 2023. ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila’. Jurnal Pendidikan Transformatif 2 (1): 84–90.
Sari, Aulia Pramita, Erna Zumrotun, and Nina Sofiana. 2023. ‘Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar’ 12 (2).
Ulandari, Sukma, and Desinta Dwi Rapita. 2023. ‘Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik’. Jurnal Moral Kemasyarakatan 8 (2): 116–32.
Widodo, Slamet, and Rizky Kusuma Wardani. 2020. ‘Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation) Di Sekolah Dasar’. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 7 (2): 185–97.
Yanti, Aditya Fasha Alsya’bi1 Dewi, and DindaMerlyand Fatikhah3 Eliya Rochmah. n.d. ‘Penerapan Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar Di SDN Sunyaragi 1 Kota Cirebon’.
DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v7i2.5857
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Supported by Association
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.