PERAN DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK, PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA TERHADAP ANAK KORBAN TINDAK PIDANA PENCABULAN SEJENIS

Rahmah Yuliani, Ali Rahman, Azriadi Azriadi

Sari


Melihat kasus pencabulan sejenis terhadap anak di bawah umur yang meningkat di Kota Bukittinggi sehingga perlu adanya perlindungan terhadap anak yang menjadi korban kekerasan seksual, salah satu lembaga yang memberikan perlindungan terhadap anak yang menjadi korban pencabulan sejenis di kota bukittinggi adalah DP3APPKB. Dalam penulisan skripsi ini maka penulis mengangkat beberapa permasalahan yaitu: Bagaimana peran DP3APPKB Kota Bukittinggi dalam perlindungan terhadap anak korban tindak pidana pencabulan dari jenis kelamin yang sama? Apa kendala yang di hadapi DP3APPKB Kota Bukittinggi dalam perlindungan terhadap anak korban tindak pidana pencabulan dari jenis kelamin yang sama? Penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu penelitian yang bersifat pemaparan, dan bertujuan untuk memperoleh gambaran (deskripsi) lengkap tentang keadaan hukum yang berlaku di tempat tertentu. Penelitian hukum empiris (empirical law research) merupakan penelitian hukum yang mengkaji hukum yang konsepkan sebagai perilaku nyata (actual behavior). Sumber data dan bahan hukum yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Lokasi penelitian penulis di DP3APPKB Kota Bukittinggi.

Kata Kunci


Victim's Child, Similar Obscenity, DP3APPKB

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BUKU :

Adam Chazawi, Hukum Pidana( Stesel Pidana, Tindak Pidana, Teori-Teori Pemidanaan Dan Batas Berlakunya Hukum Pidana), Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008, hlm 28

Ishaq, Metode Penelitian Hukum, (Bandung: Alfabet, 2020)

Lilik Mulyadi, Pengadilan Anak Di Indonesia(Teori,Praktek Dan Permasalahannya), Bandung: Mandar Maju.

Soerjono Soekanto, Pengantar Penelitian Hukum, Jakarta: UI Press, 1984.

JURNAL :

Azriadi, Peran Pembimbing Kemasyarakatan dan Pekerja Sosial Profesional Dalam Upaya Diversi Terhadap Anakdi Bukittinggi, Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum, Vol. 17, November, 2019,.

Budi Prasetyo, Pengaturan Tindak Pidana Pencabulan Sejenis Berdasarkan Hukum Pidana Indonesia, Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Hukum, Vol 2, No 2, Oktober 2015.

Ngawiardi, Kajian Kriminologi Terhadap Kejahatan Pencabulan Anak Dibawah Umur Di Parigi Moutong, Jurnal Tadulako Law Revew, Vol 4, No 4.

Nopiana Mozin dan Maisara Sunge, Pemberian Edukasi Dan Bantuan Hukum Terhadap Anak Korban Kekerasan, Jurnal Ius Constituendum, Vol 6, No 2, 2021.


Article Metrics

Sari view : 156 times
PDF - 150 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##