AKTUALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMA MUHAMMADIYAH KOTA PADANG

Zulfarno Zulfarno, Mursal Mursal, Riki Saputra

Abstract


Permasalahan utama penelitian ini ialah bahwa pemahaman guru al-Islam dan Kemuhammadiyahan tentang integrasi pendidikan karakter dengan pembelajaran AIK belum merata, sehingga keberadaan pendidikan karakter dalam kurikulum AIK yang sebenarnya sudah ada sejak lama belum terimplementasikan secara merata oleh guru. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah Kota Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah deskriptif dengan teknik pencermatan keabsahan data triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwap elaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah Kota Padang ialah dalam pembelajaran al-Islam dan Kemuhammadiyahan guru menggunakan strategi, metode, serta media yang turut mendukung pembinaan karakter, selain itu setiap awal pelajaran guru memulai dengan menyanyikan Indonesia Raya serta membaca al-Quran.
Kata kunci: aktualisasi, pendidikan karakter, AIK

References


Bahri, Saiful. Implementasi Pembelajaran Karakter dalam Menanggulangi Krisis Moral di Sekolah, Journal Ta’allum, Vol. 3, No. 1, 2015.

Eliasa, Eva Imania. Peran Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Karakter Siswa (Kajian Psikologis Berdasarkan Teori Sistem Ekologis).

Fahrurrozi, Muh. Prosiding Seminar Nasional: Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bisnis dan Manajemen “Pembelajaran Berbasis Budaya: Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi”. Malang: Surya Pena Gemilang, 2015.

Hakim, Rosniati dan Ritonga, Mahyudin. A Study of Religion Education Method With Multicultural Insight, Proceeding ISIE International Seminar on Islamic Education, Ponorogo: UMPO, 2018.

Koesoema, A. Doni. Pendidik Karakter. Jakarta: Rompas Gramedia, 2010.

Kurnanto, Edi. Peran Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah dalam Internalisasi Pendidikan Karakter Bangsa, Jurnal Studi Gender dan Anak, Vol. 2, No. 2, 2015.

Pratiwi, Niniek Lely dan Basuki, Hari. Hubungan Karakteristik Remaja Terkait Risiko Penularan HIV-AIDS dan Perilaku Seks Tidak Aman di Indonesia, Journal Penelitian Sistem Kesehatan, Vol. 14, No. 4, 2011.

Ramon, La dan Zamroni, Pendidikan Karakter Siswa I SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta dan SMP Muhammadiyah I Kota Tidore, Journal Harmoni Sosial, Vol. 1, No. 1, 2014.

Ritonga, Mahyudin. Analisis Kritis Penggunaan Sumber Belajar Bahasa Arab dalam Wacana Perkaderan Ulama Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah, Proceding Seminar Internasional Kebahasaan Tahun 2019 1, Vol. 1, No. 1, 2019.

Salim, Ahmad. Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah (Sebuah Konsep dan Penerapannya), Journal Tarbawi, Vol. 1, No. 2, 2015.

Suliswiyadi. Pembelajaran Al-Islam Reflektif. Malang: Gramasurya, 2013.

Triatmanto, Tantangan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Journal Cakrawala Pendidikan, Vol. XXIX, No. 1, 2010.

Unayah, Nunung dan Sabarisman, Muslim. The Phenomenon of Juvenile Delinquency and Criminality, Journal Sosio Info, Vol. 1, No. 2, 2015.




DOI: https://doi.org/10.31869/ruhama.v2i2.1698

Article Metrics

Abstract view : 1124 times
hal 117-131 (Bahasa Indonesia) - 1376 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.