IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 2 PADANG PARIAMAN

Yumia Elsa, ZulfahmiHb ZulfahmiHb, Mahmud Mahmud

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik yang tidak aktif dalam pembelajaran, peserta didik kurang mampu bekerjasama dalam kelompok. Tujuandari penelitian ini yaituuntukmengetahuirancangan, pelasanaan dan hambatan pelaksanaan model kooperatif learning pada pembelajaran tematik di MIN Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri daripesertadidikdi kelas III,Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah yang pertama, Penyusunan RPP belumsesuaidenganPermendikbud No. 22 Tahun 2016. Kedua, pembelajaran kooperatif tidak bisa digunakan untuk semua materi pembelajaran. Pendidikmelaksanakan modelkooperatifbertujuanuntukmengembangkanketerampilan bekerjasama, dansikap sosial pesertadidik. Ketiga, hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif yaitu, (1) hambatan yang dialami pendidik, kondisi kelas menjadi ribut, (2) hambatan yang dialami peseta didik, tidak terbiasa bekerjasama dengan lawan jenis dan (3) hambatan yang dihadapi dari lingkungan sekolah, kelas yang sempit.

Teks Lengkap:

hal 105-116

Referensi


Murfiah, U. 2017, Model pembelajaranterpadu di SekolahDasar. JurnalPesonaDasar.

Rusman, 2010, Belajar&Pembelajaran: BerorientasiStandar Proses Pendidikan, Jakarta: RajawaliPres

Sugiyono, 2010, Metode Peneltian Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013

Trianto, 2009, DesainPengembanganPembelajaranTematik: BagianakUsiaDini, Jakarta: Kencana,2009

Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 TentangSistemPendidikanNasional.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.