MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA INDONESIA DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM 2013 MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMP PAYAKUMBUH SEMESTER GENAP 2016- 2017

irma tati

Abstract


Tujuan penelitian untuk membahas dan mendapatkan data tentang peningkatan kompetensi guru Bahasa Indonesia untuk menggunakan model pengajaran pada kurikulum 2013 di SMP di Payakumbuh, Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sekolah yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari hingga April 2017. Subjek penelitian dari penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia sebagai guru terbimbing penulis yang menggunakan kurikulum 2013 tentang 16 guru. Data dianalisis menggunakan teknik persentase. Kesimpulan dari penelitian ini adalah supervisi akademik mampu meningkatkan kompetensi pedagogig guru bahasa Indonesia dalam menerapkan model pengajaran pada kurikulum 2013 dengan menggunakan tindakan reward.

References


Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek), Jakarta : Rineka Cipta, 1997.

Glickman, C.D., Gordon, S.P., and Ross-Gordon, J.M.Supervision and Instructional Leadership A Development Approach. Seventh Edition. Boston: Perason, 2007

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 35 tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Sergiovanni, T.J. Supervision of Teaching.Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development, 1982.




DOI: https://doi.org/10.31869/ruhama.v2i1.1447

Article Metrics

Abstract view : 111 times
Hal 62-72 (Bahasa Indonesia) - 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.