STRATEGI OPTIMALISASI SUMBER DAYA MANUSIA DI PENGINAPAN INS KAYUTANAM

ADE YUNITA LISTIANI

Sari


INS Kayutanam ikut serta dalam meningkatkan sektor akomodasi di bidang pariwisata yaitu dengan membuka penginapan di INS Kayutanam. Penginapan ini memiliki 51 kamar dengan jumlah karyawan hanya 9. orang dimana semua karyawan tersebut tidak memiliki latar belakang pendidikan perhotelan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara seorang Manager mengoptimalisasikan Sumber Daya Manusia yang ada. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi yang dilakukan penginapan ini INS Kayutanam ini belum optimal. Dari 5 unsur yang ada dalam mengoptimalkan SDM, belum semuanya dilakukan oleh manager INS Kayutanam. Selama masa jabatannya karyawan tidak pernah mendapatkan training tentang operasional sebuah penginapan. Manager sebaiknya juga melakukan pembukuan program kerja harian, mingguan bulanan dan tahunan yang jelas. Disarankan kepada manager agar melaksanakan perekrutan karyawan baru yang memiliki pengetahuan tentang perhotelan.

 

Kata Kunci : Optimalisasi dan Sumber Daya Manusia.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alhamid,T. 2017. Teknik Pengumpulan Data Metode Penelitian kualitatif. Jurnal Administrasi Publik.

Andi,Sukmana.2007. Metedologi Penelitian. Skripsi. Universitas Negri Yogyakarta

Anditriplea. 2015. Peranan Hotel . skripsi. Universitas Negri Surakarta.

Ayuningsih,DM.2011.Pengelolaan SDM Dalam Bisnis Hotel. Jurnalfe ustjogya.

Bagyono. 2016. Pariwisata dan Perhotelan. Bandung : Alfabeta,

Fadly .2019. Pengertian Sumber Daya Manusia, Fungsi, dan Contoh. Skripsi. Universitas Negri Surakarta

Hadi, Sutrisno. 2001. Prosedur penelitian. Jakartza : PT. Rineka Cipta.

Haryono. 2015. Dahsyatnya Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Binsis Hotel. PT. Bhuana Ilmu Populer.

Herdiansyah.2019. metode metode penelitian. Jurnal Target Publikasi.

Herdiansyah. 2010. Metode Penelitian. Jurnal Administrasi Publik

Hidayat, Anwar. 2017. Penjelasan Teknik Purposive Sampling. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang

Hidayatullah, Aristo. 2018. Jenis-Jenis Penginapan. Jurnal of Indonesia Tourism And Recreation.

Ibrahim.Adzikra.2018. Pengertian Hotel dan Karakteristiknya. Diakses pada 14 April 2020. jurnal pariwisata Internasional

Kamus Besar Bahasa Indonesia.2016.Pengertian Optimalisasi.Diakses pada 10 April 2010. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/optimasi

Komariah dalam Wardiyanta.2006. Metode Penelitian Pariwisata. Yogyakarta : CV Andi

Kwisata.2017. Jenis Jenis Penginapan (Akomodasi). Skripsi. Universitas Ahmad Dahlan.

LaporanPenelitian.com.2016. Jenis Jenis Variabel. Diaksaes pada 11 Mei 2020.

https://tu.laporanpenelitian.com/2015/02/46.html

Linov.2019.Pengertian SDM Menurut Para Ahli. Jurnal. Administrasi Publik

Ma’arif, Moh.Ibnul,Dkk. 2019. Strategi Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia di Hotel Patra Resort and Villas Bali. Skripsi. Universitas Udayana

Marline. 2016. Efektifitas Program Oelatihan Pada Karyawan Housekeeping Grand Mahkota Hotel di Pontianak. Skripsi. Universitas Panca Bakti

Merry. 2020. Sumber Daya Manusia (SDM) (MSDM): Pengertian, Fungsi dan Contoh. Skripsi. Ama Yogyakarta

Moleong dalam Sinambela (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Graha Ilmu.

Prasetyo, Bayu.2015. Cara Efektif Mengoptimalisasikan SDM Di Perusahaan. Skripsi. Universitas Gajah Mada

Putri,Emmita devi hari,S.par,M.M.2018.Pengantar Akomodasi Dan Restoran.Yogyakarta : Budi Utama.

Rahardja, Edi. 2001. Optimalisasi Fungsi SDM Sebagai Upaya Menciptakan Keunggulan Kompetitif Berkelanjutan. Jurnal Manajemen

Rahati, Yosika Setiati. 2009. Pelaksanaan Strategi Optimalisasi Kinerja SDM

Bidang Pariwisata Kota Surakarta. Skripsi. Universitas Negri Surakarta

Ridwan dalam Wardiyanta.2006. Metode Penelitian Pariwisata. Yogyakarta : CV Andi

Rizka.2012. Metode Observasi. Skripsi. Institut Teknomoli Nasional.

Sarwono .2016. Cara Membuat Strategi Pengembangan SDM. Jurnal Siasat Bisnis.

Sidik, Machfud.2002. Optimalisasi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Keuangan Daerah. Jurnal Administrasi Publik.

Sidiq. 2015. Pengertian Wawancara Terstruktur dan tidak terstruktur. Jurnal Manajemen Teknologi.

Sinambela. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Graha Ilmu.

Sugiono. 2008. Pengertian objek penelitian. Skripsi Universitas Pertamina.

Sugiyono, dalam Sinambela. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Graha Ilmu.

Sugiono, 2015. Metode penelitian kualitatif. skripsi. Universitas Undayana

Teknik Wawancara (Online) (dosenpendidikan.co.id) diakses tanggal 24 Agustus 2020.

Wardiyanta.2006. Metode Penelitian Pariwisata. Yogyakarta : CV andi

Widodo, 2010. Faktor Faktor Yang Merupakan Syarat Terpenting Berhasilnya Suatu Proses Implementasi. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.


Article Metrics

Sari view : 1459 times
PDF - 541 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.