Pendampingan Pemahaman Makanan Halal dan Haram Perspektif Al Quran Di Panti Muallaf Tabing Padang

Fitri Alrasi, Azwar Azwar, Rifana Wahdi, Nurul Fakhrin, Wini Afrilia, Arif Rahman Hakim

Abstract


Pendampingan pemahamanAl Quran bagi muallaf tentang makanan halal dan harammenjadi solusi untuk para muallaf dalam memahami agama Islam dari segala segi. Untuklangkah awal para muallaf akan dikenalkan dengan pemahaman dari ayat-ayat al Quransetidaknya ayat-ayat yang sering menjadi contoh untuk kehidupan mereka sehari-hari sepertimakanan apa saja yang dihalalkan dan makanan serta minuman apa saja yang dilarang dandihukum haram oleh Allah SWT. BahasaArab al Quranyang dimaksud adalah ayat-ayatyang sangat familiyar dibacakan dalam nasehat-nasehat para guru-guru, para ustadz, pembinapanti atau semua pendidik yang berperan dalam pendampingan keagamaan muallaf dalammemahamiayat-ayat al Quran.Metode pelaksanaan PPM adalah dengan cara menggali potensi dan mengidentifikasiproblematikaparamuallaf.Rencanakerjameliputi:persiapankegiatan,pelaksanaankegiatan, monitoring dan evaluasi kegiatan

References


Abd Majid, M., Shaharuddin, S. A., Usman, A. H., & Sungit, F. (2016). The conversion of Muallaf to Islam in Selangor: Study on behavior and encouragement. Mediterranean Journal of Social Sciences, 7(3 S1), 19–19.

A‟yun, Q., & Anan, A. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Muallaf Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (Piti) Surabaya Jawa Timur.Jurnal Mu‟allim, 1(1), 19–32.

Apriono, Djoko. "Pembelajaran kolaboratif: Suatu landasan untuk membangun kebersamaan dan keterampilan." Diklus 17.1 (2013).

Aulia, N. H. (2022). Bimbingan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Keberagamaan Mualaf Pada Mualaf Center Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Aziz, A. A., & Hidayat, N. (2010). Konversi Agama dan Interaksi Komunitas Muallaf di Denpasar. Dalam Jurnal Penelitian Keislaman, 7(1), 175–200.

Baharuddin, B. (2013). Social Assimilation Of Tionghua Muallaf (Converted Muslim)

Residing In West Pontianak County. JPMIS.

Casmini, C. (2020). Analysis of Muallaf „Aisyiyah Da‟wah Strategy. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 14(1), 151–166.

Hakiki, T. (2014). Komitmen beragama pada muallaf (studi kasus pada muallaf usia dewasa). UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Hakim, R. (2016). Pola Pendampingan Muallaf Di Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan. Al-Qalam, 19(1), 85–96.

Hidayati, S. (2014a). Problematika pendampingan Muallaf di Kota Singkawang dan solusinya melalui program konseling komprehensif. Jurnal Dakwah, 15(1), 111–136.

Muhdhori, H. (2017). Treatmen Dan Kondisi Psikologis Muallaf. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 16–39.

Muljana, Y. (2011). Dampak Pendampingan dan Pendampingan Mualaf terhadap Perilaku Keagamaan Mualaf di Yayasan Masjid Al-Falah Surabaya. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Rahmi, W. (2008). Bentuk Komunikasi Pendampingan Muallaf Daarut Tauhid Jakarta.

Salsabila, M. (2019). Implementasi program pendampingan Mualaf sebagai upaya meningkatkan pelayanan Masjid: Studi deskriftif Masjid Lautze 2 Kota Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Septiana, L. (n.d.). Keberkahan al-qur’an bagi mualaf (Studi Kasus Para Mualaf Di Pondok Pesantren Pendampingan Mualaf An-Naba Center Indonesia).

Siregar, H. S., Nor, M. R. M., & Hajrullah, H. (2020). Islamic Religious Learning for Muallaf at Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 165–178.

Triyanto, T. (2018). Menjadi Islam Sama Dengan Menjadi Miskin (Studi Adaptasi Muallaf Tionghoa Terhadap Masyarakat Aceh). Community: Pengawas Dinamika Sosial, 2(2).

Ulya, U. (2020a). Peran Yayasan Mualaf Center Indonesia Dalam Membina Keagamaan Mualaf Di Depok. Harmoni, 19(1), 162–171.

Umin, I., Aisyah, U., & Setiawati, R. (2019). Bimbingan Agama Islam Bagi Muallaf Di Muallaf Center Indonesia (MCI). Bina’Al-Ummah, 14(2), 137–148.

Zuhri, A. M., & Ghufron, M. Z. (2020). Problematika Motivasi Belajar PAI pada Peserta Didik Muallaf dan Berlatar belakang Keluarga Non Muslim. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(2), 160–178.




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v4i1.5598

Article Metrics

Abstract view : 42 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :