PENGGUNAAN LIMBAH SEKITAR UNTUK PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR (POC) DI JORONG TAPI BALAI NAGARI PADANG SIBUSUAK

Yusnaweti Yusnaweti, Desmarita Leni, Erlinda Syam, Teguh Haria Aditia Putra

Abstract


Limbah di sekitar seperti Tithonia diversifolia, Sabut kelapa dan Bongkol Pisang di Jorong Tapi Balai merupakan limbah pertanian yang selalu melimpah di setiap waktu. Bahan ini belum termanfaatkan secara baik oleh masyarakat, terutama pada Jorong Tapi Balai teletak di Nagari Padang Sibusuak Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi dan transfer teknologi pada masyarakat sekitar, Ibu PKK dan perangkat Desa, masyarakat sekitar Jorong Tapi Balai, Nagari Padang Sibusuk, Pada kegiatan ini telah dilakukan pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC)  dari bahan Tithonia diversifolia, Sabut kelapa dan Bongkol Pisang  yang dicampur dengan EM4, gula merah dan air sumur kemudian dibiarkan beberapa hari kemudian disaring dan dimasukkan kedalam botol. Metode pada program pengabdian ini ada 2 tahap yaitu 1).Tahapan sosialisasi, 2) Tahapan Pendampingan. Program Pengabdian pada Masyarakat ini dapat meningkatkan kerampilan  dan pengetahuan masyarakat tentang pembuatan Pupuk Organk Cair (POC) dari limbah sekitar. yang digunakan untuk pupuk tanaman sehingga meningkatkan perekonomian msayarakat. 

Kata kunci : Tithonia diversifolia, Sabut kelapa,  Bongkol Pisang, EM4, Ibu PKK


References


Fatmawati. (2017). Pada Bebagai Komposisi Media Tanam Serbuk Gegaji Kayu Dan Serbuk Sabut Kelapa ( Cocopeat ). In Skripsi.

Gusnidar. 2007. Budidaya dan pemanfaatan Tithonia diversifolia untuk menghemat pemupukan N, P dan K padi sawah intensifikasi. Disertasi. Progam Pascasarjana Univ. Andalas. Padang. 256 hal.

Hakim, N 2001. Kemungkinan penggunaan tithonia (Tithonia difersifolia) sebagai bahan organik dan nitrogen . Journal Andalas. Bidang Pertanian Padang.

_______ dan Agustian. 2003. Gulma Thitonia dan Pemanfaatannya sebagai Sumber Bahan Organik dan Unsur Hara untuk Tanaman Holtikultura. Laporan Penelitian HB XI /I PT tahun anggaran 2003. Lembaga Penelitian Unand. Padang. 62 hal.

_______. 2004. Gulma Thitonia (Tithonia diversifolia) sebagai Pupuk Alternatif dalam Pengembangan Pertanian Organik. Makalah disampaikan pada Seminar Daerah tentang Pengembangan Pertanian Organik, Prospek dan Tantangnnya. Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang.

_______ dan Agustian. 2005. Budidaya Tithonia dan pemanfaatannya dalam Usaha Tani Tanaman Holtikultura dan tanaman Pangan secara Berkelanjutan pada Ultisol. Laporan Penelitian HB XI/III. Proyek Peningkatan Penelitian perguruan Tinggi DP3M Ditjen Dikti. Unand. Padang. 67 hal.

Supriyadi. 2003. Studi Penggunaan Biomassa Tithonia diversifolia dan Tephrosia candida untuk perbaikan P dan Hasil Jagung (Zea mays) di Andisol. Disertasi Doktor. Progam Pascasarjana Unibraw. Malang. 172 hal.

Syofyani, R. 2012. Pemanfaatan Pupuk Organik Tithonia Plus (POTP) Untuk Mengurangi Aplikasi Pupuk Buatan Dalam Peningkatan Produksi Padi sawah Bukaan Baru di Kabupaten Dharmasraya.Thesis S2. PPs Unand.98 hal

Yusnaweti. 2002. Efek Pemberian Kompos Ampas Daun Gambir dan Fungi Mikoriza Arbuskula Terhadap Pertumbuhan Tanaman Gambir (Uncaria gambir Roxb). Tesis Pascasarjana Univ. Andalas. Padang. 75 hal.

Gusnidar, 2007. Gusnidar. 2007. Budidaya dan Pemanfaatan Tithonia diversifolia untuk Menghemat Pemupukan N, P, dan K Padi Sawah Intensifikasi. Disertasi. Padang. Doktor Program Pascasarjana UNAND. 256 halaman.

Gusnidar, S. Yasin dan Burbey. 2008. Pemanfaatan Gulma Tithonia diversifolia dan Jerami sebagai BahanOrganik In Situ untuk Mengurangi Pengguanaan Pupuk Buatan serta Meningkatkan Hasil Padi Sawah Intensifikasi. Padang. Universitas Andalas. 49 halaman.

Gusnidar, S. Yasin, Burbey, R. Andhika, Yusnaweti, dan Yulnafatmawita. 2010. Pemberian kompos titonia (Titonia diversifolia) dan jerami terhadap pengurangan input pupuk buatan dan produksi padi sawah intensifikasi. Dalam Prosiding Semirata Bidang ilmu Pertanian (Buku 2) BKS PTN Wilayah Barat. Bengkulu. Halaman 603-609.

Gusnidar, S. Yasin dan Burbey. 2008. Pemanfaatan Gulma Tithonia diversifolia dan Jerami sebagai BahanOrganik In Situ untuk Mengurangi Pengguanaan Pupuk Buatan serta Meningkatkan Hasil Padi Sawah Intensifikasi. Padang. Universitas Andalas. 49 halaman.

Saleh, S. 2010. Pembenaman jerami dan tithonia untuk mengurangi penggunaan pupuk buatan bagi padi saah intensifikasi. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Andalas. adang. 72 halaman.

Yusnaweti. 2010. Uji beberapa jenis kompos terhadap pertumbuhan dan hasil padi gogo pada Ultisol.

Yusnaweti, Gusnidar dan Herviyanti (2014). Penggunaan Jerami Menjadi Kompos dan Pakan Ternak, Jurnal Menara Ilmu,Vol VIII no 48. UM. SUMBAR.




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v2i2.3956

Article Metrics

Abstract view : 258 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :