PEMBERDAYAAN UMKM DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MELALUI PRODUKSI SABUN CUCI PIRING DI KECAMATAN BASO

Yeniwati Yeniwati, Edi Nasra, Ade Elsa Betavia

Abstract


Pelaku UMKM di Kecamatan Baso Kabupaten Agam memiliki keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam memproduksi sabun cuci piring dengan baik sehingga standar mutu dari produk yang pernah mereka buat belum tercapai.Untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh mitra pengabdian diberikan solusi melalui pelatihan dan diskusi dengan pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Baso Kabupaten Agam dengan praktek, bimbingan dan pendampingan dalam pembuatan sabun cuci piring yang diberi nama Baso Light dengan mendatangkan narasumber- narasumber yang memiliki keahlian dalam membuat sabun cuci piring yaitu dari tim labor kimia Universitas Negeri Padang (UNP). Setelah melakukan kegiatan pelatihan, peserta pelatihan pengabdian yang didonimasi oleh kaum perempuan dari Kecamatan Baso Kabupaten Agam dapat membuat sabun cuci piring sendiri di rumah dengan biaya murah dengan memanfaatkan peralatan yang ada disekitar mereka. Peserta dari kegiatan pelatihan dapat menggunakan sabun cuci piring yang mereka buat untuk keperluan pribadi sehingga mengurangi pengeluaran mereka ataupun dijual ke lingkungan sekitar yang dapat menambah penghasilan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan.

Kata Kunci: UMKM, Baso Light, Kesejahteraan

References


Aliu, J., & Aigbavboa, C. (2019). Examining the Roles of Human Capital Theory. What next for Construction Industry? Journal of Physics: Conference Series, 1-9.

Amri, K., Irvan, M., & Hadian, I. (September 2022). Inovasi Pembuatan Sabun Cuci Piring Sebagai Ide Usaha Bisnis Rumah Tangga Kelurahan Pasir Sialang Oleh Mahasiswa Kukerta Balek Kampung UNRI 2022. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, Vol 4 No 2.

Fugar, Ashiboe-Mensah, & Adinyira. (2021). Human capital Theory: Implication For The Ghanaian Constructions Industry Development. Journal of Construction Project Management ang Inovation, Vol 3 (1): 464-479.

Haro, A., Waspodo, A., & Handaru, A. W. (Desember 2017). Peningkatan Keterampilan Bagi Ibu Rumah Tangga Dalam Rangka Penghematan Pengeluaran Melalui Pembuatan Sabun Cair Sederhana. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) , Vol 1 No 2, Hal 194-206.

Jhingan. (2012). EKONOMI PEMBANGUNAN DAN PERENCANAAN. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Putri, A. M. (Oktober 2021). Optimalisasi Proses Produksi dan Pemasaran UMKM. Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, Vol 5 No 2, 249-255.

Ropke, J. (2000). Ekonomi Koperasi, Teori dan Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Sulistyaningsih, E., & Pakpahan, I. P. (2020). PEMBUATAN SABUN PENCUCI PIRING SEBAGAI PELUANG USAHA BAGI IBU PKK DUSUN PUTAT WETAN, DESA PUTAT, KECAMATAN PATUK, GUNUNGKIDUL. Dharma Bakti, Vol 3 No 2, Hal 94-97.

Suryana. (2008). Kewirausahaan : pedoman praktis : kiat dan proses menuju sukses. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v2i2.3919

Article Metrics

Abstract view : 173 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 132 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :