PEMBERDAYAAN SISWA SEBAGAI PEER EDUCATOR DALAM MENGOPTIMALISASI KEJADIAN GAWAT DARURAT

Andalia roza, Lora Marlita, Ainil Fitri

Sari


Guna mengurangi dampak kecacatan ketika kecelakaan di lingkungan sekolah, terdapat komponen UKS yang digalakkan oleh pemerintah yakni terdapat pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan. Salah satu bentuk program atau akses dalam pemberian informasi dapat dilakukan melalui peer education, yakni Pendidikan yang dipimpin teman sebaya merupakan suatu pendekatan dimana orang-orang muda, melalui kemitraan,dapat menentukan dan mengatasi kebutuhan remaja itu sendiri.Dalam konsep peer education, remaja yang berperan sebagai peer educator(pendidik sebaya) dan peer counselor (konselor sebaya), bekerja dalam tim berpasangan, laki-laki dan perempuan, untuk memberikan informasi, nasihat dan materi/ bahan yang sudah disediakan untuk sesama remaja. Tujuan darikegiatan pengabdian ini adalah Menambah pengetahuan siswa siswi tentang pertolongan pertama pada kasus kegawat daruratan dan dapat membentuk sebuah kelompok khusus yang paham tentang cara melakukan pertolongan pertama pada kasus kegawat daruratan dalam wadah UKS. Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh siswa siswi yang ada diSMK kota Pekanbaru. Pengabdian ini dilaksanakan dengan 2 tahap yakni memberikan pengetahuan kepada kelompokpeer dalam bentuk pelatihan kepada kelompok remaja yang dijadikan sebagai peer educator. Dalam pelatihan ini menggunakan metode diskusi, serta simulasi. Hasil dalam Pengabdian terhadap Kelompok Peer terdapat peningkatan pengetahuan dari pengetahuan awal rata-rata 70, menjadi rata 90, dan hasil yang dilakukan oleh kelompok Peer kepada teman sebaya nya mengalami peningkatan dari rata-rata awal 67 menjadi 93. Kegiatan ini sangat bermanfaat dilakukan di SMK ini karena menambah pengetahuan siswa dalam hal mengantisipasi kejadian gawat darurat disekolah serta penanganan awal untuk korban.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alpine, L. (2019). Evaluation of a 2 to 1 peer placement supervision model by physiotherapy students and their educators. Physiotherapy Theory and Practice, 35(8), 748–755. https://doi.org/10.1080/09593985.201 8.1458168

Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2018). Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa Madrasah Tsanawiyah. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 149–

https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.2 2674

Kusyati, Eni. (2012). Ketrampilan dan Prosedur Perawatan Dasar. Semarang: Kilat Press

Pender, N. J. (2011). Health Promotion Models. In Rehabilitation: The Use of Theories and Models in Practice.

dukungan sosial bagi mereka sehingga mereka

https://doi.org/10.1016/B978-0-443- 10024-6.50010-4

Roza, Andalia & Wulandini, P. (2020). The effectiveness of mentoring programs to improving patient Safety knowledge. Jurnal Menara Ilmu Vol XIV No 01. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/me narailmu/article/view/2105

S. Margareta. (2012). Buku Cerdas P3K

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. Yogyakarta: Niaga Swadaya

Wahyu, P., Juniantari, S., & Putra, G.

N. W. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Peer Goup Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Anak Usia Sekolah (Kelas IV) di SD Negeri 6 Batur. 3(1), 84–89.

Wahyuni, S. A., Mulyono, S., & Wiarsih,

W. (2017). Peningkatan Perilaku Mencuci Tangan Dengan Teknik Modeling Pada Kelompok Anak Usia Sekolah. The Indonesian Journal of Health Science, 8(2), 145–155. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index. php/TIJHS/article/view/868

Yulita Sari, D dkk. (2023). Pengaruh Peer EducatorTerhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa SDN Patrang 02 Jember. Jurnal Health & Medical Sciences Volume: 1, Nomor 1, 2023, Hal: 1-11. https://digital- science.pubmedia.id/index.php/phms/ article/view/32/162

Zambuto, V. (2019). Why do some students want to be actively involved as peer educators, while others do not? Findings from NoTrap! anti-bullying and anti-cyberbullying program. European Journal of Developmental Psychology, 16(4), 373–386. https://doi.org/10.1080/17405629.201 7.1419954




DOI: https://doi.org/10.31869/jsam.v4i2.5870

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By :