APLIKASI HASIL PENELITIAN: PENGENDALIAN PENYAKIT TIDAK MENULAR MELALUI PEMBERIAN TERAPI KOMPLEMENTER DI KELURAHAN PLALANGAN KEC. GUNUNG PATI

Mardiyono Mardiyono, Dina Indrati Dyah Sulistyowati, Budi widiyanto

Sari


Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) sejalan dengan program asuhan keperawatan keluarga dalam penyakit tidak menular, stop merokok dan kepesertaan BPJS. Masalah Indeks Keluarga Sehat kelurahan Plalangan 0,147 termasuk kategori rendah, jauh dari IKS kota Semarang 0,308. Masyarakat Plalangan banyak mengalami risiko tinggi dan menderita penyakit tidak menular termasuk penyakit jantung, diabetes, asthma, dan kanker payu dara, Rahim serta status Kesehatan gigi dan mulud masih rendah. Pendekatan keluarga mencakup upaya promotif dan preventif serta kuratif sederhana dilakukan dirumah dan program posbindu dan prolanis oleh petugas. Upaya kuratif paripurna dilakukan di Puskesmas dan program PANDU terpadu dan prolanis oleh tenaga medis bagi penderita pnyakit tidak menular. Pengendalaian penyakit tidak menular ke buku peserta posbindu holistik, sehingga data pasien penyakit  tidak menular dapat dimasukkan dalam SIMPUS.

Metode:  The study is participatory action research kepada petugas puskesmas dan kader posbindu. Pospulasi kelurahan Plalangan 836 KK terbagi 3 RW 17 RT dengan kategori keluarga tidak sehat, pra sehat, sehat dan menderita penyakit hipertensi, penyakit hantung diabetes, astma dan kanker. Pemberi asuhan dibagi 3 tim RW 1, 2, dan 3.

Hasil deteksi dini hiperkolesterolemia 13 pasien (11,3%), asam urat tinggi 5 pasien (4,3%), diabetes melitus 9 pasien (7,8%), hipertensi 25 pasien (21,7%). Pengendalian penyakit DM peserta posbindu holistic dengan case management minum obat, minum herbal, olah raga dan  diet DM. Pengendalian penyakit tidak menular dengan peserta posbindu holistic dengan case management minum obat, minum herbal, dan olah raga. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik. (2015). Statistik Indonesia. Jakarta: BPS.

Dewi, M. (2011). Analysis of nutritional status of the elderly using mini nutritional assessment at posbindu rural and urban area, subdistrict of Katapang, district of Bandung. (Master). Gajah Mada Univesity, Yogyakarta.

Dinas Kesehatan Kota Semarang. (2016). Profil Kesehatan 2016. Semarang: Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Dinkes Prop Jateng. (2010). Pedoman deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular berbasis masyarakat. Semarang: Dinkes Prop Jateng.

Irawati, S. (2013). Penggunaan Statin sampai mencapai target kolesterol tertentu: Apakah masih relevan? Rasional, 11(3).

Juliyah. J. (2012). Kemenkes Tingkatkan Cakupan Pengendalian PTM di 2013. Retrieved from http://infopublik.org/m/index.php?scr=read_news&id=30730

Walin, W., Hartati, H., & Subandiyo, S. (2017). Revitalisation of the integrated health service and promotion post for non communicable disease in boosting visiting rates and blood glucose to diabetic patient.

WHO. (2011). NCD country files: Indonesia. Retrieved from http://www.who.int/countries/idn/en/




DOI: https://doi.org/10.31869/jsam.v3i2.4792

Article Metrics

Sari view : 60 times
PDF - 29 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By :