OPTIMALISASI KUALITAS ANAK PRA SEKOLAH MELALUI PELATIHAN KPSP DAN SKRINING STUNTING BAGI GURU PAUD

Nia clarasari mahalia putri, Ekadewi Retnosari, Siti Fatimah

Sari


Peningkatan mutu anak menjadi tugas yang harus diemban secara bersama-sama, melibatkan keluarga, pendidik, orang tua, komunitas, dan pemerintah. Guru Paud sebagai ujung tombak pendidikan diharapkan bisa ikut berkontribusi melakukan skrining atau deteksi dini perkembanga melalui Kuesioner Pre Skrining Perkembangan pada sat menerima siswa baru, sehingga pada saat penerimaan siswa baru bisa tgerjaring siswa dengan postur tubuh pendek atau terindikasi stunting. Angka kejadian Stunting semakin tinggi dan berdampak pada kualitias anak terkhusus anak pra Sekolah sebagai generasi penerus bangsa. Dengan adanya kasus tersebut perlu pentingnya penanganan secara serius bisa melalui  Kuisioner Pre Skrining Perkembangan (KPSP) dan Skrining Stunting yang bisa dilakukan oleh tenaga Non Kesehatan khususnya Guru Paud yang bisa mendeteksi penyimpangan pertumbuhan dan perkembangan anak. Kuisioner Pra-Skrining Perkembangan adalah hasil kolaborasi antara Dinas Kesehatan dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dalam menciptakan suatu instrumen yang berfungsi untuk menilai perkembangan anak usia 3 hingga 72 bulan. Tujuan dari instrumen ini tidak hanya untuk tenaga kesehatan di Puskesmas dan instansi terkait, tetapi juga untuk pengasuh dan guru pendidikan usia dini (PAUD). Kuisioner Pra-Skrining Perkembangan adalah alat skrining yang diperlukan sesuai dengan regulasi Departemen Kesehatan untuk digunakan di tingkat layanan Kesehatan Primer. Ini berupa daftar pertanyaan yang ditujukan kepada orang tua dan berfungsi sebagai alat awal dalam mendeteksi perkembangan anak usia 3 hingga 72 bulan..

Sampel dalam kegiatan pengabmas ini Guru yang mengajar di 20 PAUD. Adapun rancana pelaksanaan kegiatan ini di PAUD desa Ujanmas KecamatanUjanmas kabupaten Muara Enim.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Batiro, B., Demissie, T., Halala, Y., & Anjulo, A. A. (2017). Determinants of stunting among children aged 6-59 months at Kindo Didaye woreda, Wolaita Zone, Southern Ethiopia: Unmatched case control study. PLoS ONE, 12(12), 1–15. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0189106

Dewinataningtyas, C., Rahmawati, E., & Putri, T. (2018). Optimalisasi Kinerja Kader dalam Memantau Tumbuh Kembang Bayi , Balita dan Anak Pra Sekolah dengan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan ( KPSP ). Prosiding Artikel Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENIAS) 2018, 6–11.

Harahap, H., Budiman, B., & Widodo, Y. (2018). Gangguan Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Anak Usia 0,5-1,9 Tahun Terkait Dengan Asupan Makanan Dan Pengasuhan Yang Kurang. Gizi Indonesia, 41(1), 49–58.

Rachmawati, W. C. (2019). Promosi Kesehatan dan Ilmu perilaku. Wineka media.

Rahayu, C. D., & Purnamasari, I. (2019). Pelatihan Sdidtk Untuk Meningkatkan Pengetahuan Guru Paud Dalam Melakukan Sdidtk Di Kabupaten Wonosobo. Jurnal PPKM, 6(1), 31–36.

Sulistyowati, R., Kurniawati, S., & Haswita. (2018). Pengaruh Pelatihan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) Dengan Metode Off The Job Training Pada Kader Terhadap Kemampuan Kader Mendeteksi Perkembangan Balita. Jurnal Ilmiah Rustida, 4(2), 487–495.

Trihono dkk. (2015). Pendek (Stunting) di Indonesia, Masalah dan Solusinya. Lembaga Penerbit Balitbangkes.

Visser, J. (2016). The effect of childhood stunting on adult life. 3–11. https://theses.ubn.ru.nl/bitstream/handle/123456789/3444/Visser%2C_Jorien_1.pdf?sequence=1

Yanuarini, T. A. (2019). Pelatihan Dan Pendampingan Kader Dalam Upaya Stimulasi Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (Sdidtk) Di Puskesmas Wonorejo Kabupaten Kediri. Jurnal Idaman, 3(2), 115–119.

Yuliani, I. (2018). Pelatihan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang ( SDIDTK ) Bagi Guru Dan Wali Murid Paud Pada PAUD Baitunnur Gentan Sinduharjo Ngaglik Sleman. Jurnal Pengabdian Dharma Bakti, 1(1), 30–38. http://dharmabakti.respati.ac.id/index.php/dharmabakti/article/view/14

Yulianti, N., Argianti, P., Herlina, L., & Oktaviani, S. N. I. (2018). Analisis Pantauan Tumbuh Kembang Anak Prasekolah Dengan Kuesioner Pra Skrining Pertumbuhan (KPSP) Di Bkb Paud Kelurahan Serdang Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat Periode Oktober 2017. Jurnal Kebidanan, 2(1), 45–52. http://ejr.stikesmuhkudus.ac.id/index.php/ijb/article/view/456




DOI: https://doi.org/10.31869/jsam.v3i2.4790

Article Metrics

Sari view : 65 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By :