ALOKASI KEBUTUHAN ALAT BERAT PADA PROYEK PENINGKATAN JALAN BANDAREJO-KOTO TINGGI KABUPATEN PASAMAN BARAT

Surya Eka Priana

Sari


Alokasi, penjadwalan, dan pemilihan peralatan untuk setiap jenis pekerjaan sangat penting agar kemampuan operasinya bisa optimal dan saling menunjang terhadap peralatan lainnya. Mengingat bahwa alat berat sangat mahal dan konstribusinya cukup dominan pada proyek peningkatan jalan Bandarejo - Koto Tinggi Kabupaten Pasaman Barat, maka sangat diperlukan tindakan efisiensi dengan cara mendayagunakan sumber daya alat tersebut. Sehingga studi ini dimaksudkan untuk menganalisa alokasi alat berat dan penjadwalan. Pengamatan dilakukan dengan menghitung kapasitas produksi setiap alat berat, agar diperoleh nilai produktivitasnya dan alokasi kebutuhan alat berat yang diperlukan pada proyek yang ditinjau. Kemudian dengan menggunakan metode Line of Balance, maka dapat diplot pengalokasian alat berat untuk masing-masing jenis pekerjaan sesuai dengan kebutuhan alat yang lebih efisien, sehingga penggunaannya bisa dikontrol agar lebih efektif. Dari hasil perhitungan, diperoleh kebutuhan dump truck sebanyak 7 unit, motor grader 1 unit, wheel loader 2 unit, tandem roller 1 unit, vibrator roller 2 unit, water tank truck 2 unit, excavator 1 unit, pneumatic tire roller 1 unit, asphalt sprayer 1 unit, asphalt mixing plant 1 unit dan asphalt finisher 1 unit.


Teks Lengkap:

Hal 148-156

Referensi


Anonim. 2012. Cara Membuat Barchart Proyek. http://www.ilmusipil.com/cara-membuat-bar-chart-proyek.html. Diakses tanggal 15 Desember 2012.

Asiyanto, Ir, MBA, IPM. 2008. Manajemen Alat Berat Untuk Konstruksi, Penerbit PT. Pradnya Paramita. Jakarta.

Gani, Muchtar, Ir, Msi. Bahan Kuliah PTM/Alat Berat. Jurusan Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Makassar.

Http://www.google earth.com.html. Di akses tanggal 16 Januari 2013.

Iskandar. 2008. Metoda Schedule Linear (Line of Balance). http://iskandarmt.wordpress.com/2008/02/28/metoda-schedule-linear-line-of-balance.html. Diakses tanggal 17 Desember 2012.

Rochmanhadi, Ir, M.Sc. 1992. Alat-Alat Berat dan Penggunaannya. Yayasan Badan Penerbit Pekerjaan Umum. Jakarta.

Sosrodarsono, Suyono, Ir. 1985. Perhitungan Biaya Pelaksanaan Pekerjaan Dengan Menggunakan Alat-Alat Berat. Yayasan Badan Penerbit Pekerjaan Umum. Jakarta.

Saodang, Hamirhan, Ir, MSCE. 2009. Edisi 3 Struktur dan Konstruksi Jalan Raya. Penerbit Nova. Bandung.

Sukirman, Sulfiah. 1992. Perencanaan Perkerasan Lentur. Penerbit Nova. Bandung.

Mangunsewang & Karmila. 2011. Penjadwalan Dan Alokasi Alat Berat Pada Proyek Peningkatan Jalan Poros Bantaeng-Bulukumba. Makassar : Skripsi Teknik Sipil Universitas Hasanuddin.

Yaghootkar, Kazem. 2010. Line of Balance (LOB). http://project-management-review.blogspot.com/2007/09/line-of-balancelob.html. Di akses tanggal 17 Desember 2012.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v2i1.931

Article Metrics

Sari view : 1227 times
Hal 148-156 - 491 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.