ANALISIS SIMPANG BERSINYAL DI SIMPANG TANJUNG ALAM KABUPATEN AGAM

Masril Masril

Sari


Kemacetan dan masalah lalu lintas sering terjadi pada beberapa persimpangan di jalan raya. Oleh karena itu perlu penanganan yang efisien dan optimal, perencanaan TrafficLights atau Alat Pemberi Isyarat Lalu lintas (APILL) adalah satu alternatif yang perlu untuk mengatasi permasalahan lalu lintas di perkotaan. Didalam penelitian skripsi ini yang meneliti tentang perencanaan simpang bersinyal. Lokasi penelitian  di Simpang Tanjung Alam, Kabupaten Agam yang menghubungkan JL. Lintas Tengah Sumatera, JL. Raya Ampang Gadang dan JL. Raya Mansoer Thaib. Di persimpangan ini kondisi arus lalu lintas cukup ramai dan padat (jam sibuk : 07.00-08.00 WIB), sering terjadi kemacetan dan pengendara yang melanggar rambu lalu lintas. Tinjauan dan analisa dilakukan berdasarkan data yang diperoleh dari lokasi penelitian.Didalam perhitungan  didapatkan hasil : Kapasitas (C) 3921 smp/jam, Derajat Kejenuhan (DS) 1,7 dan Tundaan (D) Dtot = 14,39 dtk/smp. Dari perhitungan tersebut akan diperoleh juga  Waktu Siklus (Co) untuk 4 fase = 80 detik dengan waktu hijau aktual (Selatan = 14 detik, Barat = 12 detik, Utara = 13 detik dan Selatan = 21 detik). Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan adanya Traffic Lights atau APILL permasalahan lalu lintas yang terjadi di Simpang Tanjung Alam, Kabupaten Agam akan berkurang.

 Kata kunci : Traffic Lights, waktu tundaan, derajat kejenuhan


Teks Lengkap:

Hal 207-214

Referensi


/P/BNKT/1991 Direktorat Bina Marga Direktorat Pembinaan Jalan Kota Tata Cara Pemasangan Rambu Dan Marka Jalan Kota. Jakarta, 1991.

Clarkson, O, dan Hicks, G. R, 1999. Teknik Jalan Raya. Erlangga, Jakarta.

Direktorat Jendral Bina Marga Republik Indonesia, Direktorat Bina Jalan Kota Manual. Kapasitas Jalan Indonesia, February 1997.

Hobbs, F.D. 1995. Perencanaan dan Teknik Lalulintas. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Keputusan Mentri 61 Perhubungan Rambu Lalu lintas Di Jalan. Jakarta, 1993.Pedoman Teknis Pengaturan Lalu Lintas di Persimpangan Berdiri Sendiri

Suadi Nugroho, Kelayakan Pemasangan Lampu Lalu Lintas Terkoordinasi di Kota Tegal, Universitas Diponegoro Semarang, Kota Semarang, 2004.

Tamin, Ofyar Z. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi ke-2. Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Tamin, Ofyar Z. 2003. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi: Contoh soal dan aplikasi, Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Warpani, S. 1998. Rekayasa Lalu Lintas. Bharata, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v1i2.767

Article Metrics

Sari view : 595 times
Hal 207-214 - 430 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.