RANCANG BANGUN INFRASTRUKTUR WIRELESS DENGAN PENDEKATAN METODE LINE OF SIGHT

Lilik Suhery

Sari


Perancangan infrastruktur wireless dengan pendekatan line of sight dapat memberikan gambaran bagaimana penerapan teknologi dalam suatu area. Penempatan pemasangan pemancar wireless yang tepat sangat diperlukan untuk mengoptimalkan kekuatan sinyal, dengan menggunakan metode pendekatan line of sight. Hal yang  mempengaruhi perancangan infrastruktur wireless adalah nilai besaran kekuatan sinyal yang dapat diterima oleh pengguna jaringan wireless. Parameter yang digunakan dalam untuk melakukan pengukuran adalah dengan mengecek kekuatan daya pemancar antenna terhadap penerima yang diukur dengan menggunakan ViStumbler yang bekerja pada frekuensi 2,4 GHz. Pada pengukuran ini juga digunakan propagasi Line Of Sight. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin sedikit penghalang sinyal wireless dalam penentuan Line Of Sight maka kualitas layanan wireless semakin bagus.

 

Kata kunci: Wireless, Line Of Sight, ViStumbler, Fresnel Zone


Teks Lengkap:

Hal 204-206

Referensi


Harinitha, D. (2012). NLOS Wireless 300 – 400 MHz Pada Daerah Rural, 5(1), 107–121.

Haryadi, S., & Satria, H. (n.d.). Outdoor Line of Sight Wireless Optical Communication System.

Manurung, F. A., & Mubarakah, N. (2014). Analisis Link Budget Untuk Koneksi Radio Wireless Local Area Network. Singuda Ensikom, 7(2), 82–87.

Puspitasari, N. F., & Pulungan, R. (n.d.). Optimisasi Penempatan Posisi Access Point Pada Jaringan Wi-Fi Menggunakan Metode Simulated Annealing.

Sari, P. I., Tribudi, S., & Siswandi, A. N. (2010). Optimasi Penataan Sistem Wi-Fi di PENS-ITS dengan Menggunakan Metode Monte Carlo, 1–7.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v1i2.766

Article Metrics

Sari view : 399 times
Hal 204-206 - 229 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.