SISTEM KOMUNIKASI FIBER OPTIK DAN PEMANFAATANNYA PADA PT.SEMEN PADANG

Hariyadi Hariyadi

Sari


Pada Era Globalisasi ini, Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (IPTEK) semakin berkembang dengan pesatnya,dimana akan menuntut Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkwalitas, sehingga dapat melaksanakan pekerjaan perindustrian secara efektif dan efisien.Fiber optik merupakan jaringan yang dapat mentransmisi cahaya. Dibandingkan dengan jenis lainnya, ini relatif mahal. Namun, fiber optik memiliki jangkauan yang lebih jauh dari 550 meter sampai ratusan kilometer, tahan terhadap interferensi elektromagnetik dan dapat mengirim data pada kecepatan yang lebih tinggi dari jenis lainnya. Fiber optik tidak membawa sinyal elektrik, seperti lainnya yang menggunakan tembaga. Tujuan penelitian ini adalah sistem komunikasi fiber optik dan pemanfaatannya pada PT.Semen Padang. Dengan adanya pemakaian jaringan fiber optik di PT.Semen Padang, dapat mempercepat proses kerja yang berlangsung.

 

Keywords: fiber optic, jaringan, cahaya, semen padang


Teks Lengkap:

Hal 43-51

Referensi


Faiz, M. 1999. Power Budget Analysis Of Broadcast Passive Optical Network. Tesis padaUniversiti Teknologi Tun Hussein Onn

Praja, F G. Aryanta, D. Lidyawati, L. 2011. Analisis Perhitungan dan Pengukuran Transmisi Jaringan Serat Optik Telkomsel Regional Jawa Tengah.

Wadhana, Kusuma, E. dan Setijono, H. 2008. Analisa Redaman Serat Optik Terhadap Kinerja Sistem Komunikasi Serat Optik Menggunakan Metode Optical Link Power Budget.

Keiser, G. 2006. FTTX concepts and applications. New Jersey: Jonh Wiley & Son,Inc.

Hariyadi, S., and M. Kom. "PEMANFAATAN MODEM ADSL DALAM KOMUNIKASI DATA DAN JARINGAN INTERNET PADA GEDUNG BAGONJONG DAN INDARUNG 5 DI LINGKUNGAN PT. SEMEN PADANG." Menara Ilmu 12.1 (2018).

Telkom Indonesia, P.T. 2004. Optical Access Network. Bandung: PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.

Telkom Indonesia, P.T. 2013. Operation Maintenance Jaringan FTTH. Bandung: PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.

Telkom Indonesia, P.T. 2013. Pedoman Desain Jaringan FTTH. Bandung: PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.

Telkom Indonesia, P.T. 2013. Pedoman Pemasangan Instalasi Jaringan FTTH. Bandung: PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.

Nugroho, A. 2011. Teknologi Gigabit-Capabel Passive Optical Network (GPON) Sebagai Triple Play Service. Makalah Seminar Kerja Praktek, Teknik Elektro Universitas Diponegoro.

Hariyadi, M. K. (2018). MENARA Ilmu Vol. XII Jilid I No.79 Januari 2018. Menara Ilmu, XII(79), 221–226. Retrieved from http://joernal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/557




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v1i1.614

Article Metrics

Sari view : 4041 times
Hal 43-51 - 1215 times

Refbacks



##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.