ANALISA PENGARUH KETIDAKSEIMBANGAN TEGANGAN MOTOR INDUKSI 3 FASA MENGGUNAKAN MATLAB SIMULINK

Aidil Kamal, Seppanur Bandri

Sari


Tegangan yang tidak seimbang akan mempengaruhi stator, torsi dan kecepatan motor. Pada kondisi ini dapat menyebabkan kecelakaan pada motor induksi 3 fasa yang membuat mesin menjadi cepat panas, sehingga menurunkan produktivitas mesin yang sebenarnya. Penyimpangan ketidakseimbangan tegangan ini akan menpengaruhi kinerja motor induksi yang dapat mengurangi kekuatan dan kemampuan motor tersebut. Definisi ketidakseimbang ditentukan berdasarkan metode NEMA (National Equipment Manufacturer’s Association). Simulasi perhitungan dengan Matlab Simulink dilakukan untuk analisis dampak ketidakseimbangan tegangan pada motor induksi 3 fasa dengan ketidak seimbangan 5%, dimana input tegangan yang diberikan pada Phase A= 420 Volt , Phase B = 400 Volt, dan Phase = 380 Volt. Pada saat tegangan tidak seimbang terjadinya perbedaan arus pada stator, gelombang torsi dan kecepatan motor, dimana ketika motor diberikan tegangan tidak seimbang menyebabkan arus pada stator menjadi tidak seimbang,  pada torsi dan kecepatan motor mengalami osilasi yang mengakibatkan getaran pada motor semakin besar. Tegangan tidak seimbang menyebabkan peningkatan nilai torsi dan kecepatan motor. Pada saat motor tanpa beban dengan input tegangan tidak seimbang torsi motor bernilai 574 Nm dan kecepatan motor saat stady state 1501 Rpm, dan pada beban 360 Nm nilai torsi motor saat stady state 934 Nm, dengan kecepatan motor 1497 Rpm, Sehingga dengan semakin naiknya nilai beban maka nilai torsi akan meningkat dan pada kecepatan motor akan menurun. NEMA membuat motor dapat beroperasi secara normal spesifikasinya jika unbalace voltage tidak lebih dari 1%. Ketika tegangan tidak seimbang 5% akan menyebabkan panas berlebih dan kerugian pada motor meningkat. Untuk mengatasi ketidak seimbangan tegangan dengan cara dereating atau menurunkan peringkat motor. Ketika tegangan tidak seimbang melebihi 1% maka motor harus melambat agar motor dapat berjalan dengan baik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Masri, M. (2016) ‘Analisis Pengaruh Ketidakseimbangan Tegangan Terhadap Kinerja Motor Induksi Tiga Fasa dengan Matlab.

Sarjono, Gianto, R. and Hiendro, A. (2020) ‘Evaluasi Kinerja Motor Induksi 3 Fasa 100 Hp / 75 Kw Pada Panel Star – Delta Di Pdam Tirta Raya Adi Sucipto’, Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura, 2(1), p. 8.

Sudjoko, R.I. and Hartono (2002) ‘Desain dan Simulasi Motor Induksi 3 Fasa dengan Menggunakan Matlab.

Jairo D Sibarani, Glanny M Ch. Mangindaan, A.H.J.O. (2020) ‘Study Pengaruh Torsi Terhadap Kinerja Motor Induksi 3 Fasa Menggunakan MatLab’, Universitas Sam Ratulangi Manado, pp. 1–11.

Evalina, N., Azis, A.H. and Zulfikar (2018) ‘Pengaturan Kecepatan Putaran Motor Induksi 3 Fasa Menggunakan Programmable logic controller’, Journal of Electrical Technology, 3(2), pp. 73–80.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v6i2.4154

Article Metrics

Sari view : 345 times
PDF - 301 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.