FAKTOR PENGHAMBAT PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) DENGAN HAZARD ANALYSIS AND CRITICAL CONTROL POINTS (HACCP) DI IKM MAMAK ANIK KABUPATEN OKU SELATAN

Diky Wahyudi, Ch. Desi Kusmindari

Sari


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat penerapan Good Manufacturing Practices (GMP) dan Hazard Analysis And Critical Control Points (HACCP) di IKM Mamak Anik Kabupaten OKU Selatan. Sumber data berupa Data primer diperoleh dari kuesioner yaitu mengumpulkan data dari IKM Mamak Anik OKU Selatan dengan menggunakan daftar pernyataan yang telah dipersiapkan. Hasil penelitiannya menunjukkannn faktor-faktor yang menghambat penerapan Good Manufacturing Practices (GMP) dengan Hazard Analysis And Critical Control Points (HACCP) di IKM Mamak Anik Kabupaten OKU Selatan adalah dalam segi pembiayaan atau dana. Berdasarkan penilaian daftar periksa Good Manufacturing Practices (GMP) pada IKM Mamak Anik Kabupaten OKU Selatan terdapat 9 kriteria masuk dalam kategori prioritas dan 5 kriteria masuk dalam kategori tidak prioritas. Berdasarkan hasil proses identifikasi Hazard Analysis And Critical Control Points (HACCP) pada IKM Mamak Anik Kabupaten OKU Selatan terdapat 10 tahapan proses dalam pembuatan kopi bubuk IKM Mamak Anik Kabupaten OKU Selatan dan dari 10 tahapan. Kata kunci: GMP, HACCP, IKM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Andriani, Puspita. 2019. Analisis Pengendalian Kualitas Persentase Kadar Air Produk Wafer Stick pada Industri Makanan Ringan. Jurnal Teknik Industri ITN Malang. E-ISSN: 2615-3866.

Bambang Suhardi et al. 2020. Perbaikan Proses Produksi pada IKM Tahu Sari Murni.Jurnal Intech Teknik Industri Universitas Serang Raya. Vol. 6 No 1 Juni 2020, 88-98.

BPS SS. 2020. Pertumbuhan IKM Sumatera Selatan. Palembang: BPS Sumatera Selatan.

Brooker, D. 2014. Drying Cereal Grains-Pengolahan Kopi. Bandung: Fakultas Teknologi Institut Pertanian Bogor.

Damarasri, D. R., Partiwi, S. G., & Hakim, J. A. R. 2019. Penerapan Good Manufacturing Practice dan Work Improvement In Small Enterprise pada Usaha Kecil dan Menengah Untuk Pemenuhan Standar Kesehatan (Studi Kasus: UKM Tempe Tenggilis Mejoyo Surabaya).

E-Book Pangan. 2016. Model Rencana HACCP. Jakarta: Kementan.

Fadli Choironi. 2015. Analisis Good Manufacturing Practice dan Good Hygiene Practice dengan Hazard Analysis And Critical Control Point (HACCP). Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Unbraw.

Kementan. 2022. Statistik Pertanian 2021. Jakarta: Kementerian Pertanian.

Kusmindari dan Muzakir.2017. Mengembangkan Kewirausahaan Melalui Program Ipteks Bagi Kewirausahaan (IBK).Jurnal Sains dan Teknologi.pISSN 2089-3582. eISSN 2303-2480.

Latief, S. J., & Trimo, L. 2019. Faktor Penghambat Penerapan Good Manufacturing Practices Pada Proses Pengendalian Kualitas Bandrek di CV. X. Jurnal Agrointek, No.13 Vol.2.

Mulato, Sri. 2017. Simposium Kopi 2016. Denpasar: SK 2016.

Najiyati, Sri dan Danarti. 2014. Budidaya Tanaman Kopi dan Penanganan Pasca Panen. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rauf, Rusdin. 2017. Sanitasi Pangan dan HACCP. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siswoputranto, P.S. 2018. Perkembangan Teh, Kopi, dan Coklat Internasional. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tawarka.2014. Ergonomi Industri; Dasar-dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press.

Thaheer, H. 2018. Sistem Manajemen HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Varnam, H.A. dan Sutherland J.P. 2014. Beverages (Technology, Chemistry and Microbiology). London: Chapman and Hal.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v6i2.3526

Article Metrics

Sari view : 424 times
PDF - 459 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.