ANALISA EFEK MODE KEGAGALAN PENGENDALIAN K3 PADA PROYEK KONSTRUKSI

Sugiyanto Sugiyanto, Mokh. Thoif

Sari


Sektor konstruksi hingga saat ini masih menyumbang angka terbesar (32%) kasus terjadinya kecelakaan kerja di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisa efek mode kegagalan pengendalian K3 pada proyek konstruksi. Data 50 responden digunakan untuk melakukan penilaian risiko dengan kriteria nilai efek keparahan, nilai keterjadian dan nilai deteksi. Metode analisa efek mode kegagalan digunakan dalam perhitungan nomor prioritas risiko (RPN). Hasil penelitian ini mendapatkan pada komitmen manajemen puncak meliputi penerapan kebijakan K3 terintegrasi dengan manajemen perusahaan, perusahaan memberikan prioritas terhadap program K3, manajemen pengawasan efektif dalam pelaksanaan K3 dan kebijakan K3 dilaksanakan untuk mendukung kinerja karyawan; seluruhnya menjadi prioritas untuk diperbaiki segera karena sifatnya kritis dalam pengendaliannya. Pada peraturan dan prosedur K3, didapatkan prosedur K3 diterapkan dengan konsisten serta peraturan dan prosedur diperbaiki secara berkala; keduanya menjadi prioritas untuk diperbaiki segera karena sifatnya kritis dalam pengendaliannya. Pada lingkungan pekerja yang meliputi tercipta lingkungan kerja yang memotivasi program K3, lingkungan kerja yang aman dalam mendukung program K3 serta lingkungan dapat membentuk karakter dan budaya dalam kepatuhan program K3; seluruhnya menjadi prioritas untuk diperbaiki segera karena sifatnya kritis dalam pengendaliannya. Pada metode kerja meliputi pelibatan tenaga ahli K3 dalam kegiatan kostruksi dan metode kerja yang mendukung tindakan aman dalam bekerja, keduanya menjadi prioritas untuk diperbaiki segera karena sifatnya kritis dalam pengendaliannya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonimous. (2022). Konstruksi Jadi Sektor Penyumbang Kecelakaan Kerja Terbanyak, Profesi Ahli K3 Konstruksi Banyak Dibutuhkan. https://mutiaramutusertifikasi.com/konstruksi-jadi-sektor-penyumbang-kecelakaan-kerja-terbanyak-profesi-ahli-k3-konstruksi-banyak-dibutuhkan/. Diakses pada tanggal 31 Mei 2022.

BPS. (2022). Konstruksi Jadi Sektor Penyumbang Kecelakaan Kerja Terbanyak, Profesi Ahli K3 Konstruksi Banyak Dibutuhkan. https://mutiaramutusertifikasi.com/konstruksi-jadi-sektor-penyumbang-kecelakaan-kerja-terbanyak-profesi-ahli-k3-konstruksi-banyak-dibutuhkan/. Diakses pada tanggal 26 Februari 2022.

Christina, Yuni, W., & Thoyib, L. D. (2012). Pengaruh Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap Kinerja Proyek Konstruksi. Jurnal Rekayasa Sipil, 6.

Dipohusodo, I. (1996). Manajemen Proyek Dan Konstruksi. Kanisius, Jakarta.

Ervianto, W. I. (2015). Teori-Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi (Ed. Revisi). Jogjakarta: Andi Offset.

Husen, A. (2011). Manajemen Proyek. Jogjakarta: Andi Offset.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2022). Inilah Sederet Kecelakaan Kerja Di Bidang Konstruksi. https://mawisaranasamawi.com/kecelakaan-kerja-bidang-konstruksi/#:~:text=Jatuhnya beton proyek LRT Jakarta,Depok Antasari karena tersenggol ekskavator. Diakses pada tanggal 31 Mei 2022.

Kiran, D. (2017). Total Quality Management: Key Concepts and Case Studies. BS Publications Pvt. Ltd. India.

Noviastuti, T. K., Ekawati, & Kurniawan, B. (2018). Analisis Upaya Penerapan Manajemen K3 Dalam Mencegah Kecelakaan Kerja Di Proyek Pembangunan Fasilitas Penunjang Bandara Oleh Pt.X (Studi Kasus Di Proyek Pembangunan Bandara Di Jawa Tengah). Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 6(5), 648–653.

Pastiarsa, M. (2015). Manajemen Proyek Konstruksi Bangunan Industri: Perspektif Pemilik Proyek. Teknosain, Yogjakarta.

Pratomo, H. B. (2018). Menguak fakta di balik banyaknya kecelakaan kerja proyek konstruksi Indonesia. https://www.merdeka.com/uang/menguak-fakta-di-balik-banyaknya-kecelakaan-kerja-proyek-konstruksi-indonesia.html. Diakses pada tanggal 31 Mei 2022.

Ramli, S. (2018). Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja. Dian Rakyat, Jakarta.

Rani, H. (2016). Manajemen Proyek Konstruksi. Yogjakarta: Deepublish.

Salam, M. A. (2018). Berpikir Sistematis-Helicopter View. Materi Perkuliahan Magister Manajemen Teknologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Santoso, B. (2009). Manajemen Proyek: Konsep dan Implementasi. Graha Ilmu, Yogjakarta.

Sharma, K., & Srivasta, S. (2018). Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) Implementation: A Literature Review. Journal of Advance Research in Aeronautics and Space Science, 5(1), 1–17.

Soeharto, I. (2019). Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional. Jakarta: Erlangga.

Stamatis, D. (2019). Risk Management Using Failure Mode And Effect Analysis (FMEA). ASQ Quality Press, Wisconsin.

Sugiyanto. (2020). Manajemen Pengendalian Proyek. Scopindo Media Pustaka, Surabaya.

Sugiyanto, & Sulfiani. (2020). Pengaruh Kebijakan K3 Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Teknik Waktu, 18(02), 38–50.

Sugiyanto, & Untoko, R. (2022). Evaluasi Sistem Manajemen Pada Pelaksanaan Proyek Pembangunan Saranan Dan Prasarana Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Di Tuban Jawa Timur. Rang Teknik Journal, 5(1), 24–42. https://doi.org/10.31869/rtj.v5i1.2706

Suhendra, Z. (2022). Kecelakaan Kerja Sektor Konstruksi Paling Tinggi di Indonesia. https://www.liputan6.com/bisnis/read/2387230/kecelakaan-kerja-sektor-konstruksi-paling-tinggi-di-indonesia. Diakese pada tanggal 31 Mei 2022

Velasquez, D., Carmuhaca, S., & Farje, J. (2021). Risks management model integrating the Analysis mode and failure effects within the Last Planner System to improve the time of real estate construction projects. Lst., Congreso Internacional de Innovación y Tendencias En Ingeniería (CONIITI).

Winanda, L. A. R. (2022). Sektor Konstruksi Sumbang Kecelakaan Terbanyak, Doktor Baru Teknik Sipil Lila Ayu Ratna Winanda Buat Early Warning System Secara Realtime. https://itn.ac.id/2022/02/21/sektor-konstruksi-sumbang-kecelakaan-terbanyak-doktor-baru-teknik-sipil-lila-ayu-ratna-winanda-buat-early-warning-system-secara-realtime/. Diakses pada tanggal 31 Mei 2022.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v6i1.3339

Article Metrics

Sari view : 387 times
PDF - 346 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.