PENEREPAN OPTIMALISASI METODE CRITICAL CHAIN PROJECT MANAGEMENT PADA PELAKSANAAN PROYEK KONTRUKSI

Sugiyanto Sugiyanto, Khairul Insan

Sari


Pada penelitian ini, dilakukan upaya perbaikan jadwal pelaksanaan proyek pembangunan gudang polowijo yang berlokasi di Desa Wadung Kecamatan Jenu Tuban Jawa Timur dengan menggunakan metode manajemen proyek rantai kritis (ctitical chain project management). Berdasarkan atas perhitungan durasi total proyek yang didapatkan dengan menggunakan metode perhitungan secara manual dibutuhkan waktu pelaksanaan selama 98 hari dan biaya tenaga kerja langsung yang dibutuhkan adalah sebesar Rp.  574.600.000,00 (lima ratus tujuh puluh empat juta enam ratus ribu rupiah) untuk menyelesaikan pekerjaan proyek yang  diteliti. Berdasarkan atas upaya perbaikan jadwal pelaksanaan proyek dengan menggunakan metode critical chain project management (CCPM) didapatkan durasi total yang dibutuhkan menjadi 61 hari (durasi penyelesaian proyek berlangsung lebih cepat 37 hari dari durasi awal) dan biaya tenaga kerja langsung yang dibutuhkan adalah Rp. 430.185.000 (empat ratus tiga puluh juta seratus delapan puluh lima ribu rupiah) atau berkurang menjadi Rp. 144.415.000 (seratus empat puluh empat juta empat ratus limas belas ribu rupiah).

 

Kata kunci: Proyek, Penjadwalan, Durasi, dan Manajemen Proyek Rantai Kritis.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aulady, M., Orleans, C. 2016. Perbandingan Durasi Waktu Proyek Konstruksi Antara Metode Critical Path Method (CPM) dengan Metode Critical Chain Project Management (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Apartemen Menara Rungkut). Jurnal IPTEK Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, 20 (1), hal 14-18; Surabaya.

Ayu, D. S. 2011. Analisa Resiko Pembangunan Kapal Baru. Tugas Akhir. Jurusan Sistem Perkapalan ITS, Surabaya.

Biro Klasifikasi Indonesia. 2016. Volume I: Rules for Classifications and and Surveys. Biro Klasifikasi Indonesia, Jakarta.

Eyes, Bisot. 2010. Kapal Patroli Cepat 38 Bea Cukai Diserahkan PT. PAL Indonesia. https://bisot.wordpress.com/2010/01/12/kapal-patroli-bc38/. In 19 Februari 2021, 18.15 (diakses tanggal 19 Februari 2021). Media online google.

Goldratt, E. M. 1997. Critical Chain. North River Press. Massachusetts, Amerika Serikat.

Hapsari, R. I. Penerapan Metode Lean Project Management dalam Perencanaan Proyek Kontruksi pada Pembangunan Gedung SDN Bekthiharjo II Semanding Tuban. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Industri ITS, Surabaya.

Kementrian Keuangan Republik Indonesia. 2010. Kapal Patroli BC 30002 Perkuat Armada Bea Cukai. http://www.kemenkeu.go.id/Berita/fast-patrol-boat-bc-30002-perkuat- armada-bea-cukai. In 25 April 2021, 19.15 (diakses tanggal 25 April 2021). Media online google.

Leach, L. P. 2000. Critical Chain Management.Artech House. Boston, Amerika Serikat.

Newbold, R. C. 1998. Project Management in the Fast Lane: Applying the Theory of Constraints. St. Lucie Press. Florida, Amerika Serikat.

Project Management Institute. 2013. A Guide to the Management Body of Knowledge 5th Edition. Project Management Institute Inc.Pennsylvania, Amerika Serikat.

Ramanda, R., Arvianto, A. Penerapan Critical Chain Management untuk Mengatasi Masalah Multi Proyek dengan Keterbatasan Resource di PT. Berkat Manunggal Jaya. Jurnal Program Studi Teknik Indusri Universitas Diponogoro, hal 3-4. Fakultas Bisnis dan Managemen. Universitas Diponegoro, Semarang.

Somantri, Agus. 2005. Studi Tentang Perencanaan Waktu dan Biaya Proyek Penambahan Ruang Kelas pada PT. Haryang Kuning. Politeknik Manufaktur, Bandung.

Shurrab, M. 2015. Traditional Critical Path Method versus Critical Chain Project Management: A Comparative View. International Jurnal of Economics & Management Sciences, 4 (9), hal 1-2. Boston, Amerika Serikat.

Soeharto, Imam. 1998. Management Proyek dari Konsep Sampai Operasional. Erlangga, Jakarta.

Stratton, Roy. 2009. Critical Chain Project Management Theory and Practice. POMS 20th Annual Conference. Nottingham Business School. Nottingham, Inggris.

Triaditya, Yuniar. 2015. Kajian Percepatan Penjadwalan Overhaul Kapal Selam (KRI CAKRA – 401) dengan Metode CPM (Critical Path Method) dan PERT (Program Evaluation Review and Technique). Tesis. Tidak dipublikasikan.

Valikoniene, L. 2014. Resource Buffer in Critical Chain Project Management. Thesis. Faculty of Engineering and Phisycal Science University of Manchester. Manchester, Inggris.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v5i2.3121

Article Metrics

Sari view : 767 times
PDF - 427 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.