SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB PADA KEARSIPAN SURAT DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT

Hariyadi Hariyadi, Ambiyar Ambiyar, Nurhasan Syah

Sari


Arsip merupakan salah satu sumber informasi penting yang dapat menunjang proses kegiatan administrasi maupun birokrasi. Sebagai rekaman informasi dari seluruh aktivitas organisasi, arsip berfungsi sebagai pusat ingatan, alat bantu pengambilan keputusan, bukti eksistensi organisasi dan untuk kepentingan organisasi yang lain. Berdasarkan fungsi arsip yang sangat penting tersebut maka harus ada manajemen atau pengelolaan arsip yang baik sejak penciptaan sampai dengan penyusutan, sebelum diterapkannya mempunyai kelemahan-kelemahan, di antaranya sebagai berikut: Terjadi kesulitan dalam mencari atau mendapatkan akses kembali data arsip yang akan dibutuhkan karena harus mencari satu persatu pada buku induk, Terjadinya kehilanngan surat masuk, Proses disposisi surat Masuk yang lama, dikarenakan Pimpinan ada kegiatan yang harus dipenuhi, Surat masih disimpan dalam rak almari arsip sehingga dari tahun ketahun surat semakin banyak dan almari arsip tidak mampu menampung arisip, namun setelah diterapkan arsip surat berbasiskan website didapat manfaat sebagai berikut: Kehilangan Surat Masuk/Keluar yang dahuluya sering terjadi, setelah diterapkan SIKD berbasis website, surat sudah dapat dikendalikan dan disimpan dimedia penyimpanan online, Proses disposisi surat Masuk yang sangat cepat dikarenakan dapat diakses kapanpun dan dimanapun sehingga selama ini pimpinan yang biasa ada tugas atau dinas keluar, sudah dapat didisposisi dari manapun, Surat sudah disimpaan pada media online yang tidak butuh lemari arsip/ruangan khusus lagi

Kata Kunci: Arsip, SIDK, Online, Website, Sistem Informasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rifauddin, Machsun. "Pengelolaan arsip elektronik berbasis teknologi." Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan 4.2 (2016): 168-178.

Fathurrahman, Muslih. "Pentingnya arsip sebagai sumber informasi." JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi) 3.2 (2018): 215-225.

Hendriyani, Mungky. "Pengendalian Surat Masuk Menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) di Subbagian Persuratan dan Arsip Aktif Pada Arsip Nasional Republik Indonesia." KOMPLEKSITAS: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN ORGANISASI 9.2 (2020): 37-46.

Hendriyani, Mungky. "PEMBERKASAN ARSIP DINAMIS AKTIF DI SUBBAGIAN PERSURATAN DAN ARSIP AKTIF PADA ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA (ANRI)." KOMPLEKSITAS: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN ORGANISASI 10.01 (2021): 11-17.

Adawiyah, Rabiatul, and Elva Rahmah. "Penerapan Aplikasi Arsip Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) dalam Melakukan Alih Media Arsip Nagari di Kantor Wali Nagari Pitalah Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar." Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan 7.1 (2018): 132-142

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009. Kearsipan. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v5i1.3048

Article Metrics

Sari view : 658 times
PDF - 434 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.