ANALISA LINIER ELIMINASI GAUSS-JORDAN UNTUK ANALISIS STRUKTUR RANGKA BATANG SEGITIGA SEDERHANA

Rita Nasmirayanti, Rafki Imani, Utami Dewi Arman, Afrilda Sari

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk menampilkan performa metode numerik dalam analisa struktur. Operasi perhitungan analisa struktur ini menggunakan Metode Eliminasi Gauss-Jordan terhadap sebuah struktur rangka batang segitiga sederhana yang sudah diidealisasikan. Beban luar yang diasumsikan berupa beban terpusat pada nodal-2 sebesar 2 ton dan ditumpu oleh tumpuan sendi pada nodal-1 dan tumpuan roll pada nodal-3. Perhitungan dimulai dengan pemberian beban luar terpusat, kemudian menghitung gaya reaksi yang dihasilkan oleh tumpuan dan gaya-gaya dalam pada batang dengan Metode Eliminasi Gauss-Jordan. Dari hasil analisis diperoleh besar reaksi tumpuan pada nodal-1 sebesar H1= 2 ton ke kiri dan V1=0,86603 ton ke bawah, reaksi tumpuan di nodal-3 adalah sebesar V3=0,86603 ton ke atas.Sedangkan gaya-gaya dalamyang diperoleh adalah F1=1 ton dengan batang tertarik, F2=0,73025 ton dengan batang tertekan dan F3=1,5 ton dengan batang tertarik. Hasil analisa ini mengindikasikan bahwa perhitungan dengaliminasi Gauss-Jordan memberikan hasil pendekatan yang cukup baik dibandingkan dengan analisa eksak.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


G. H. Rompas, S. E. Wallah, R. S. Windah, and S. O. Dapas, “Kestabilan Solusi Numerik Sistem Berderajat Kebebasan Tunggal Akibat Gempa dengan Metode Newmark,” Jurnal Teknik Sipil, vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2015.

P. C. Siswipraptini, and Rifarhan, “Media Pembelajaran Integrasi Numerik Dengan Metode Kuadratur Gauss,” Jurnal Ilmiah FIFO, vol.VI, No. 1pp. 43–48, 2014.

R. Munir, Metode Numerik, Bandung: Penerbit Informatika, 2015.

T. Boen and F. X. Supartono, "Analisa Struktur dengan Metode Matriks," UI-Press, Cet. Ketiga, Fak. Teknik, Univ. Indonesia, 1980

Agus Setiawan, “Diktat Kuliah Analisis Numerik,” Diktat Progr. Stud. Tek. Sipil, pp. 1–41, 2016.

M. A. Choiron, BAB I. "Pengantar Metode Numerik," pp. 1–60, 2012.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v5i1.2975

Article Metrics

Sari view : 1428 times
PDF - 889 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.