INDENTIFIKASI KERUSAKAN JALAN PAYAKUMBUH-BATUSANGKAR STUDI KASUS JALAN BARULAK TANJUNG BARUH – TANJUNG ALAM

Elvi Syamsuir, Winda Armaya, M. Irfan

Sari


Jalan Raya dari Payakumbuh - Batusangkar termasuk Jalan Kota dan Kabupaten yang menghubungkan kota Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Batusangkar dengan jarak tempuh sepanjang 36 km. Untuk menuju Kota Batusangkar dari Payakumbuh ada beberapa daerah yang dilewati mulai dari Piladang – Barulak - Tanjung Alam – Salimpauang – Tabek Patah – Sungai Tarab. Kondisi beberapa jalan dari Piladang menuju Batusangkar mengalami kerusakan, lebih tepat daerah Barulak dengan Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru menuju Tanjung Alam. Kerusakan ini dapat menimbulkan terjadinya kecelakaan pada pengguna jalan. Untuk menghindari dampak negatif yang ditimbulkan oleh kerusakan jalan tersebut, diperlukan lah penanganan khusus seperti perbaikan jalan, dimana metode perbaikan jalan harus mempertimbangkan kondis existing dengan mengumpulkan data terkait dengan kondisi jalan. Telah dilakukan penelitian tentang Indentifikasi Kerusakan Jalan Payakumbuh-Batusangkar (Studi Kasus Jalan Barulak Tanjumg Baruh – Tanjung Alam). Penelitian ini dilakukan dengan tahapan (1) Asessment awal, yaitu survey awal, survey yang dilakukan untuk mengetahui kondisi jalan secara umum (2) Visual Asessment, melakukan pengecekan kondisi jalan dengan cara melihat langsung kerusakan-kerusakan yang ada pada jalan serta membagi kerusakan tersebut dalam beberapa jenis/ komponen. (3) Technical Asessment, Pengukuran langsung yang dilakukan terhadap kerusakan-kerusakan jalan untuk mengambil dimensi serta luas kerusakan. Hasil yang didapatkan pada saat penelitian ini dilakukan dan sampai tahap pengolahan data menunjukkan bahwa jalan Payakumbuh-Batusangkar (Barulak Tanjung Baruh – Tanjung Alam) dalam kondisi kerusakan rata-rata high (tinggi) kecuali retak pinggir dengan tingkat kerusakan low. Pada Ruas Jalan Barulak Tanjung Alam STA 0 + 000 sampai STA 0 + 800 ditemukan jenis kerusakan pada perkerasaan jalan yang paling jauh besar adalah retak memanjang dengan luas kerusakan 61,5 m² dan terkecil adalah retak pinggir dengan luas kerusakan 1 m². Penelitian ini menghasilkan suatu sarankan pada pemerintah terkait supaya kerusakan yang terjadi pada ruas jalan Barulak Tanjung Baruh- Tanjung Alam tidak menjadi lebih parah maka perlu dilakukan tindakan perbaikan pada bagian-bagian yang rusak sehingga tidak menimbukan kerusakan yang lebih parah, serta terciptanya keamanan dan kenyamanan pengendara.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adwang, J. (2020). Analisa Uji Laik Fungsi

Jalan (ULFJ) Pada Ruas Jalan Nasional

Tumora (Bts. Kab. Parimo)–Tambrana

Nomor Ruas 31 Km. 157+ 800 sd Km.

+ 000 Provinsi Sulawesi

Tengah. TEKNO, 18(74).

Alelo, I. J., Manoppo, M. R., & Sendow, T. K.

(2020). Uji Laik Fungsi Jalan Secara

Teknis Pada Ruas Jalan Citraland–

Interchange Manado Bypass. Jurnal Sipil

Statik, 8(2).

Arliman, L. (2018). Peran Investasi dalam

Kebijakan Pembangunan Ekonomi Bidang

Pariwisata di Provinsi Sumatera

Barat. Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 20(2),

-294.

Handayani, F., Fahriana, N., & Basrin, D.

(2020). Studi Kajian Profil Jalan Tm.

Bahrum Kota Langsa–Langsa. Jurnal Media

Teknik Sipil Samudra, 1(2), 5-12.

Kadarisman, M., Gunawan, A., & Ismiyati, I.

(2016). Kebijakan Manajemen Transportasi

darat dan dampaknya terhadap perekonomian

masyarakat di Kota Depok. Jurnal

Manajemen Transportasi & Logistik, 3(1),

-58.

Lah, A. (2014). Analisa Tanah Dasar (Subgrade)

Pada Ruas Jalan Sangkulirang-Simpang

Kaliorang Dikabupaten Kutai Timur. Kurva

S Jurnal Mahasiswa, 4(1), 366-375.

Putra, M. Y. (2019). Perencanaan Jalan Anjir

Serapat–Palampai I Dengan Menggunakan

Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Kapuas,

Kalimantan Tengah (Doctoral Dissertation,

University Of Muhammadiyah Malang).

Riski, M. S., & Putra, T. S. (2018). Peningkatan

Ruas Jalan Dengok-Bts. Kabupaten

Ponorogo/Trenggalek STA 16+ 000-19+ 000

Provinsi Jawa Timur Dengan Menggunakan

Struktur Perkerasan Kaku (Doctoral

dissertation, Institut Teknologi Sepuluh

Nopember).

Rodji, A. P., & Rohayani, S. (2019). Analisis

Perencanaan Peningkatan Jalan

Menggunakan Perkerasan Kaku Pada Ruas

Jalan Kosambi–Telagasari Kecamatan Klari

Kabupaten Karawang. Prosiding Semnastek

, 1(1)




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v5i1.2729

Article Metrics

Sari view : 409 times
PDF - 203 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.