ASESMEN PONDASI UMPAK SEBAGAI UPAYA PENGURANGAN RISIKO GEMPA PADA BANGUNAN RUMAH GADANG MINANGKABAU

Rafki Imani, Tedy Wiraseptya, Rita Nasmirayanti, Utami Dewi Arman, Afrilda Sari

Sari


Gempa Padang pada September 2009 silam telah  memberi pelajaran berharga bagi kita akan pentingnya meningkatkan kapasitas bangunan terhadap gempa. Kemungkinan terjadinya gempa di Minangkabau memang tidak bisa dihindari, namun upaya untuk mengurangi risiko runtuhnya bangunan bisa terus ditingkatkan, agar jumlah korban dan rusaknya bangunan dapat diminimalisir. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk peningkatan kapasitas bangunan yang ramah gempa adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal melalui perencanaan bangunan yang dilakukan berdasarkan budaya dan kebiasaan masyarakat setempat. Bangunan tradisional Rumah Gadang di Minangkabau dibangun dengan penerapan pondasi umpak, yang dalam perencanaannya mempertimbangkan perilaku bangunan dan kejadian gempa di masa lalu. Penelitian ini diarahkan untuk melakukan review bagaimana pengaruh pondasi umpak dalam upaya mengurangi risiko gempa di daerah Minangkabau Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif berdasarkan Skala Mercalli sebagai ukuran besaran gempa di masa lalu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pondasi umpak yang telah digunakan dapat terus dikembangkan seiring dengan kondisi yang ada di masa sekarang.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Syafrizal, “Tingkat Pengetahuan, Kesiapsiagaan dan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Jalur Evakuasi Tsunami,” Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Negeri padang, 2013.

Website DetikNews. [Online], 2019, Tersedia di: http://www.news.detik.com

Sonjaya, “Pengenalan Gempabumi,” Workshop ASEAN Climate Validation Models, Yogyakarta, 2008.

B. Mustafa, “Analisis Gempa Nias dan Gempa Sumatera dan Kesamaannnya yang Tidak Menimbulkan Tsunami,” Jurnal Ilmu Fisika (JIF), Vol. 2, No. 1, 44-50, 2013.

ACT News. (2019) Aksi Cepat Tanggap Homepage. [Online]. Tersedia di: www.act.news.com

(2019) Koran Republika Online. Tersedia di: www.republika.co.id

Delfebriyadi, “Peta Respons Spektrum Sumatera Barat untuk Perencanaan Bangunan Gedung,” Jurnal Teknik Sipil, Vol. 16, No. 2, 2009.

Suharjanto, “Rekayasa Gempa,” Penerbit Kepel Press, Janabadra University Press, Yogyakarta, Cetakan-1, 2013.

Sarwidi, “Pengetahuan Dasar Kebencanaan dan Kegempaan,” 2016.

M. A. Husin, “Kearifan Lokal dan Mitigasi Bencana pada Rumah Tradisional Besemah Pagar Alam Sumatera Selatan, Skripsi, Universitas Sriwijaya, 2015.

C. Damayanti, “Desain Rumah Sederhana: Konsep bangunan Tahan Gempa,” [Online]. Tersedia di: https://www.kompasiana.com/christiesuharto/550dc66d8133116b2cb1e638/desain-rumah-sederhana-konsep-bangunan-tahan-gempa?page=all

J. Adiyanto, “Arsitektur Nusantara: Sana-sini, atau Masalah Pola Pikir?.”, 2014. [Online]. Tersedia di: http://iplbi.or.id/2014/04/arsitektur-nusantara-sana-sini-ataumasalah-pola-pikir/.

Anonim,”Perencanaan Rumah Sederhana Tahan Gempa”, Modul C.4-1, ____

Anonim, “Arsitektur Vernekuler Rumah Gadang Sumatera Barat,” Artikel tidak dipublikasikan, 2015.

Website, [Online]. Tersedia di: http://www.photoswinprizes.com

A. Soesilo, “Arsitektur Tradisional: Adaptasi Sistem Struktur Rumah Gadang Terhadap Bencana Gempabumi,” Program Studi Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya, 2014.

Website Informasi Seputar Properti. (2012). Pondasi Umpak, Pondasi Tahan Gempa. [Online]. Tersedia di: www.wawasanproperti.blogspot.com

Foto Rumah Gadang di Sumpur Tanah datar oleh Esha Tegar Putra, 2019.

Website [Online] Tersedia di: https://image.pastiseru.com/detail/p3rom9EOri




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v4i2.2668

Article Metrics

Sari view : 847 times
PDF - 668 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.