PERANCANGAN PENGEMBANGAN OBJEK WISATA LUBUAK SODA NAGARI TAMBANGAN KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT

Meri Sufina, Nanda Nanda

Sari


Tambangan merupakan salah satu nagari yang termasuk kedalam wilayah sepuluh koto Kabupaten Tanah Datar, provinsi Sumatera Barat. Nagari ini terletak diperbatasan Kota Padang Panjang menuju Tanah Datar, sebelah kanan dari arah Padang Panjang. Nagari tambangan merupakan wilayah yang masih asri yang rata-rata masyarakatnya bertani. Daerah Nagari Tambangan dipenuhi dengan hamparan sawah, ladang, dan pengairan yang jernih. Sumber air yang jernih inilah yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata pemandian Lubuak soda. Objek wisata ini mulai dibuka untuk umum bulan Mei tahun 2019. Penamaan soda karena airnya mengeluarkan gelembung-gelembung seperti soda. Pengunjung yang datang sangat ramai, yang tidak hanya warga lokal tetapi juga dari berbagai daerah. Seiring perkembanganya, Objek Wisata Lubuak Soda belum terkelola dengan baik. Banyak tenda-tenda penjual makanan yang dibangun sembarangan. Dan juga terjadi kesalahan dimana pemanfaatan jembatan sebagai lahan parkir. Dan masih banyak infrastruktur yang belum lengkap sebagai objek wisata, seperti tempat ganti pakaian yang hanya berupa tenda terpal sederhana. Selain itu belum tersedia toilet umum yang memadai, yang ada hanya wc yang masih tradisional berdinding terpal dan dengan pemanfaatan air sungai sebagai pembuangan akhir. Untuk itu penulis ingin mengembangkan bagaimana perancangan pemandian lubuak soda agar lebih tertata rapi, bersih dan lengkap.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Maryani, Pengantar Geografi Pariwisata, Jurusan Pendidikan Geografi FPIPS IKIP, 1991.

L. G Schiffman and J. Wisenblit, Consumer Behavior 11ed, Pearson, 2015.

E.C. Hirschman, “Innovativeness, novelty seeking, and consumer creativity,” The Journal of Consumer Research, vol. 7, pp. 283-295, December 1980.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, (2002), Strategi Belajar Mengajar, Cetakan Kedua, Jakarta: Rineka Cipta

Alfian YN.2020. Mengenal Objek Wisata Lubuk Soda, Nagari Tambangan http://www.topsumbar.co.id/mengenal-objek-wisata-lubuk-soda-nagari-tambangan/ Diakses tanggal 20 Mei 2020




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v4i1.2226

Article Metrics

Sari view : 88 times
PDF - 44 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.