ANALISA KOORDINASI OVER CURRENT RELAY PADA PABRIK CEMENT MILL INDARUNG III PT. SEMEN PADANG

Zulkarnaini Zulkarnaini, Sepriadi Sepriadi

Sari


Sistem proteksi mempunyai peran penting untuk mencegah kerusakan lebih parah akibat adanya gangguan dalam sebuah sistem tenaga. Sehingga jaringan sistem tenaga bisa bekerja sesuai dengan performa yang diharapkan. Analisa dan pengecekan keandalan koordinasi rele proteksi bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan performa kerja rele proteksi. Sebelum pensimulasian dilakukanlah perhitungan secara manual untuk mendapatkan nilai arus setting over current relay, arus pick-up, time dial, serta karateristik instantanius over current relay. Kemudian hasil perhitungan itu dijadikan sebagai input pada software ETAP 12.6. Hasil running simulasi protective device coordination dan hasil analisa pada enam (6) kali skenario gangguan yang dilakukan diperoleh, bahwa sistem proteksi pada jaringan distribusi pabrik Pabrik Cement Mill Indarung III PT. Semen Padang masih bekerja dengan baik. Dari 6 kali scenario gangguan yang dilakukan, terdapat koordinasi rele OCR yang baik dan kurang baik yang terbawah .Koordinasi terbaik adalah koordinas rele OCR pada scenario keenam yaitu gangguan pada bus MDB 4.2. Rele OCR yang dikoordinasikan adalah rele trafo 4.2 dengan rele Incoming Z1, dimana perbedan nilai Time Dial-nya adalah 0.09 dengan perbedaan waktu trip CB rele trafo 4.2 dengan CB rele incoming Z1 adalah 25 ms. Sedangkan urutan koordinasi terbawah adalah koordinasi pada scenario pertama yaitu gangguan pada bus MDB PG. Rele OCR yang dikoordinasikan adalah rele trafo 2 dengan rele incoming PG, dimana perbedaan nilai Time Dialnya adalah 0.51 dengan perbedaan waktu trip CB rele trafo 2 dengan CB incoming PG adalah 870 ms.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hirlanda, Dwi Andikta. 2013. Simulasi dan Analisis Koordinasi Proteksi pada PT. Pertamina RU IV Cilacap. Institut Teknologi sepuluh November, Surabaya.

Kasmir.Koordinasi Rele Arus Lebih di Gardu Induk Bukit Siguntang Dengan Simulasi (Etap 6.00) .. Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang.

Madrensyah, Adrial.2008. Studi Perencanaan Koordinasi Rele Proteksi pada Saluran Udara Tegangan Tinggi Gardu Induk Gambir Lama – Pulomas . Universitas Indonesia, Depok

Nindia, Afma. 2014. Studi Perancangan Koordinasi Rele Proteksi Untuk Sistem Kelistrikan Pabrik Indarung VI Pt Semen Padang. Jurusan Teknik Elektro. Universitas Andalas, Padang.

Sanzarian, Yogi.2015. Koordinasi Rele Arus Lebih dan Rele Gangguan Tanah Menggunakan Program Berbasis Electric Transient and Analysis Program (Etap) Pada Gardu Induk Bungarandi PT. PLN (Persero) UPT Palembang. Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang.

Sastrawan. 2010. Analisa Setting Rele OCR (Over Current Relay) pada Sistem 150 kV Bali Pasca Dioperasikannya Pembangkit Celukan Bawang. Universitas Udayana Bali.

Yanuwirawan, Edo, Margo Pujiantara dan R. Wahyudi. 2015.“Studi Koordinasi Proteksi Rele Arus Lebih dan Ground Fault Pada Sistem Eksisting PT. VICO Indonesia, Kalimantan Timur”dalam Jurnal Teknik ITS Vol. 4, No. 2,Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya

Zulkarnaini, Eko Saputra H. 2012.“Evaluasi Koordinasi Relay Proteksi Pada Feeder Distribusi Tenaga Listrik (Gh Tanjung Ampalu Sijunjung.) Jurnal Teknik Elektro Institut Teknologi Padang.Padang




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v4i1.1950

Article Metrics

Sari view : 60 times
PDF - 40 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.