Objek-Objek Kajian Filsafat Ilmu (Ontologi, Epistemologi, Aksiologi) dan Urgensinya Dalam Kajian Keislaman

Budi Afriandi, Hengki Ras Bumi, Tamrin Kamal, Rosniati Hakim, Halim Hanafi, Julhadi Julhadi

Abstract


Filsafat ilmu merupakan cabang filsafat yang mengkaji hakikat ilmu, termasuk objek, metode, dan nilainya. Kajian ini terbagi menjadi tiga ranah utama, yaitu ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Ontologi membahas tentang hakikat realitas yang menjadi objek ilmu. Dalam kajian keislaman, ontologi menelaah eksistensi Allah, alam semesta, dan manusia sebagai ciptaan-Nya. Hal ini menjadi dasar bagi pemahaman seluruh aspek ilmu dalam kerangka Islam. Epistemologi mengkaji sumber, metode, dan batas pengetahuan. Kajian epistemologi Islam membahas sumber pengetahuan yang sah, seperti Al-Quran, Hadits, dan akal. Selain itu, dibahas pula metode yang tepat untuk memperoleh pengetahuan, seperti penalaran deduktif, induktif, dan ijtihad. Aksiologi meneliti nilai-nilai yang terkandung dalam ilmu. Dalam konteks Islam, aksiologi menekankan pentingnya ilmu untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Kajian ini membahas nilai-nilai moral, etika, dan spiritual yang menjadi landasan pengembangan ilmu pengetahuan. Memahami ketiga ranah filsafat ilmu ini secara mendalam sangatlah penting dalam kajian keislaman. Hal ini membantu umat Islam dalam memahami hakikat ilmu, mengembangkannya dengan benar, dan menggunakannya untuk kemaslahatan umat manusia.

References


Arifin, M. Ilmu Pendidkan Islam.Jakarta: Bumi Aksara.2018.

Armai, A. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam.Jakarta: Ciputat Pers.2022.

Asy'arie, M. Filsafat IslamTentang Kebudayaan .Yogyakarta: LESFI.2020.

Frimayanti, A. I. Implementasi Pendidikan Nilai dalam Pendidikan Agma Islam.

Jurnal Pendidikan Islam.2017.

Hidayat, A. Ruang Lingkup Filsafat Ilmu.2017.

Hidayat, R. Epistemologi Pendidikan Islam. Jurnal Almufida, 53-56.2016.

Husniyah, N. Aksiologis Pendidikan Islam. Jurnal Studi Keislaman, 12-25.2019.

Inayah, M. Konsep Ihsan Sebagai Pendidikan Karakter dalam Pemikiran Sachiko dan William C Chitick.Malang: PPS UIN Maulana Malik Ibrahim.2015.

Jalaluddin. Filsafat Pendidikan Islam Telaah Sejarah dan Pemikirannya.Jakarta: Kalam Mulia.2019.

Lahmuddin Lubis, W. A. Ilmu Pendidikan Islam.Medan: Perdana Publishing.2020.

Lubis, A. H. Pendidikan Keimanan dan Pembentukan Kepribadian Muslim. Jurnal Darul Ilmi, 67.2016.

Muhaimin. Nuansa Baru Pendidikan Islam.Jakarta: Raja Grafindo Persada.2016.

Mujamil, Q. Epistemologi Pendidikan Islam dari Metode Rasional Hingga Metode Kritik.Jakarta: Erlangga.2015.

Noeng, M. Filsafat Ilmu.Yogyakarta: Rakersan.2018

Nuryanto, M. A. Isu-isi Kritis dalam Pendidikan Islam .Yogyakarta: PPS UIN Suka.2022.

Purwanto. Pluralisme Agama dalam Prespektif Nurcholish Madjid. Jurnal Studi Agama, 22.2017.

Ramayulis.Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta: Kalam Mulia.2019.

Sarjono. Nilai-Nilai Dasar Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama.2015.

Suparlan, s. Filsafat Pendidikan.yogyakarta: Ar. Ruzz Media.2018.

Syah, A. Term Tarbiyah Talim dan Tadib dalam Pendidikan Islam. Jurnal Al Fikra , 141.2018.

Syam, N. W.Filsafat Sebagai Akar Ilmu Komunikasi.Bandung: Simbiosa Rekatama.2021.

Tafsir, A. Epistemologi Untuk Ilmu Pendidikan Islam.Bandung: Sunan Gunung Jati.2023.

Tobroni. Ilmu Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filosofis.Malang: Um Press.2015.

Frimayanti, A. I. “Implementasi Pendidikan Nilai dalam Pendidikan Agma Islam”,dalam Jurnal PendidikanIslam. 2017.h. 112-115




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v7i1.5524

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.